Jamaah Haji Diberi Waktu 15 Menit untuk Miqat di Bir Ali

Jamaah Haji Diberi Waktu 15 Menit untuk Miqat di Bir Ali

Tempat miqat jamaah haji Indonesia di Bir Ali. --Media Center Haji

MADINAH, DISWAY.ID – Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sudah disiagakan di Bir Ali sejak Senin pagi, pukul 05.00 Waktu Arab Saudi. Mereka siap menyambut jamaah haji dari MADINAH yang mulai diberangkatkan secara bertahap ke Makkah. Para jamaah haji itu akan mampir untuk Miqat di Bir Ali sebelum melanjutkan perjalanan ke Makkah.

Kepala Daerah Kerja Madinah PPIH Arab Saudi Ali Machzumi Minggu sore, 19 Mei 2024 mengecek kesiapan petugas haji di Bir Ali. 


Kepala Daker Madinah PPIH Arab Saudi Ali Machzumi mengecek persiapan sektor khusus Bir Ali menyambut jamaah yang akan miqat sebelum melanjutkan perjalanan ke Makkah.--Media Center Haji

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja Madinah mulai bersiaga di Masjid Bir Ali/Masjid Miqat Dzul Hulaifah jelang pergerakan pertama jamaah calon haji Indonesia dari Madinah ke Makkah. 

BACA JUGA:Besok, 8 Kloter Jamaah di Madinah Bergeser ke Makkah

BACA JUGA:Ultimatum Kerajaan Arab Saudi, Jamaah Umrah Harus Tinggalkan Tanah Suci Sebelum 6 Juni

"Kami sudah mengecek beberapa lokasi untuk kesiapan petugas kita dalam rangka memberikan pelayanan kepada jamaah haji kita," ujar  Ali Machzumi saat meninjau persiapan petugas di Bir Ali.


Kepala sektor Bir Ali Azis Hegemur menjelaskan proses miqat jamaah di Bir Ali, 19 Mei 2024. -Tomy Gutomo-Media Center Haji

Hari ini, ada 3.400 jamaah haji dari delapan kloter yang akan bergerak ke Makkah. Mereka harus berhenti sejenak di Bir Ali untuk salat sunnah ihram dan mengucapkan niat umrah wajib. Bir Ali atau Masjid Miqat Dzul Hulaifah hanya berjarak 11 km dari Masjid Nabawi. 

PPIH membuka kantor di Bir Ali. Ada 20 petugas yang akan mengarahkan para jamaah. Misalnya untuk menunjukkan tempat wudu, masjid, dan membawa mereka kembali naik bus. Sebelum berangkat ke MAkkah, petugas juga harus memastikan semua jamaah telah berniat umrah.  

BACA JUGA:Petugas Haji Ini Berjaga 24 Jam di Halaman Masjid Nabawi, Apa yang Dikerjakan?

BACA JUGA:Sujud Syukur Jamaah Gowa Mendarat di Madinah Setelah Sayap Pesawat Sempat Terbakar

"Kita sudah menyiapkan personil untuk beberapa titik sehingga untuk keamanan dan kenyamanan jamaah haji bisa kita berikan saat miqat di Bir Ali ini," kata dia. 


Masjid Bir Ali tempat jamaah melaksanakan salat sunnah ihram saat miqat. -Tomy Gutomo-Media Center Haji

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: