Kemenaker Cari Instruktur dan Trainer Pelatihan Kerja Lewat Kompetisi KKIN

Kemenaker Cari Instruktur dan Trainer Pelatihan Kerja Lewat Kompetisi KKIN

Kompetisi Keterampilan Instruktur Nasional (KKIN) IX -Bertujuan mencari pelatih tenaga kerja-Kemnaker

SAMARINDA, DISWAY.ID - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi resmi membuka Kompetisi Keterampilan Instruktur Nasional (KKIN) IX Regional Wilayah Tengah I di Balai Besar Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Samarinda, Kalimantan Timur pada Minggu (19/5).

Kompetisi ini akan berlangsung mulai dari tanggal 19 Mei 2024 hingga 23 Mei 2024, dan akan meliputi BPVP Samarinda, BBPVP Serang, BBPVP Bekasi, dan BPVP Bantaeng.

Dalam keterangannya, Anwar menerangkan bahwa kompetisi ini digelar sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab Kemenaker, dalam rangka mencapai Indonesia Emas dan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan unggul melalui pelatihan kerja Tahun 2045.

Menurut Anwar, Instruktur harus terus dibekali dengan motivasi untuk menggelar pelatihan kerja kerja berkualitas, pengetahuan dan keahlian yang sejalan dengan perkembangan teknologi dan pasar kerja. 

Instruktur diharapkan dapat terus meng-upgrade kemampuannya agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan optimal. 

BACA JUGA:Dukung keselamatan dan Kesehatan di Tempat Kerja, Kemnaker Luncurkan Program K3 Nasional 2024-2029

Anwar berharap, kompetisi KKIN ini bisa menjadi ajang bagi para instruktur untuk mengembangkan kemampuan tersebut.

"Ajang KKIN ini menjadi wadah bagi para Instruktur maupun trainer untuk saling berkompetisi, saling mengapresiasi, saling belajar dan memotivasi karena sekalipun berbeda lembaga namun memiliki tugas yang sama untuk menciptakan SDM unggul dan berkualitas," Ujar Anwar dalam keterangan tertulis pada Senin (20/05).

Kompetisi KKIN IX ini akan diikuti oleh kompetitor yang berasal dari Lembaga pelatihan kerja Pemerintah seperti BBPVP Bekasi, BBPVP Serang, dan BPVP Samarinda. 

Selain dari lembaga pemerintah, lembaga swasta dan dunia industri juga akan berpartisipasi dalam KKIN IX ini.

KKIN Regional wilayah Tengah I diikuti oleh 140 kompetitor dari 14 bidang keahlian.

Yakni  Instalasi Listrik, Elektronika, Pendingin dan Tata Udara, Otomotif Sepeda Motor, Otomotif Kendaraan Ringan, Desain Grafis, Perancangan Rekayasa Mekanik CAD, Solusi Perangkat Lunak Teknologi Informasi untuk Bisnis, Tata Busana, Kecantikan, Pelayanan Restoran, Pembuatan Kabinet dan Barista.

Dikutip dari laman resmi Kemnaker, Pelatihan kemnaker adalah program pelatihan yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan tenaga kerja Indonesia agar lebih kompeten dan siap menghadapi tuntutan pasar kerja yang semakin kompleks.

BACA JUGA:Kemnaker Tegaskan, Perusahaan Telat Bayar THR Dikenai Denda 5 Persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: