Kereta Cepat

Kereta Cepat

Rencana rute kereta cepat San Fransisco-Los Angeles.--

Minggu ini banyak berita infrastuktur di Amerika. Utamanya soal pembangunan kereta cepat.

Proyek San Fransisco-Los Angeles jadi berita lagi. Dallas ke Houston, di Texas, juga jadi berita tiap hari. Bahkan juga Atlanta ke Charlotte, berarti dari Georgia ke North Caroline. Lalu Los Angeles ke Las Vegas. Banyak lagi.

Ini pasti bukan bangkitnya naga tidur. Anda bisa menciptakan istilah sendiri. Mungkin mengejar naga terbang. Atau menangkapnya.

Proyek kereta cepat yang begitu lambat antara SFO-LA seperti di-booster lagi Senin lalu: pemerintah Joe Biden memberi 3,5 miliar dolar ke proyek itu. Bukan ke proyek itu. Untuk mendukung proyek itu: membangun akses dari pusat kota SFO ke stasiun whoosh-nya.

Anda masih ingat, usulan proyek kereta cepat itu sudah disetujui DPR California ketika sebagian Anda belum lahir: 1979.

Saat itu Sang Naga bukan saja masih tidur, tapi belum bisa tidur. Masih harus kerja keras siang malam.

DPR California juga menyetujui sumber dananya: dari obligasi negara bagian, senilai proyek: 8,9 miliar dolar. Mungkin masih setara IDR 10 T untuk kurs rupiah saat itu. Anda mungkin sudah lupa dolar pernah masih seharga Rp 450 saja.

Gubernur Jarry Brown, pemilik ide itu, menghadapi banyak rintangan di lapangan. Proyek tidak segera bisa dimulai, pun sampai dua periode masa jabatannya habis. Uang sudah banyak terpakai untuk persiapan.

Tiga puluh enam (36) tahun kemudian proyek baru bisa dimulai: 2015. Saat Barack Obama jadi presiden. Obama separtai dengan Jerry Brown.

Sang Naga sudah telanjur bangun karena sudah cukup lama tidur. Sudah lari ke sana ke mari. Bahkan sudah terbang. Tinggi. Sudah punya maglev berkecepatan 415 km/jam di Shanghai. Sudah punya jaringan kereta cepat 350/jam di seluruh negeri.

SFO-LA dimulai. Dimulai bukan berarti cepat selesai. Khas negara demokrasi. Pun sampai hari ini proyek whoosh 750 km itu masih belum setengahnya. Biayanya sudah membengkak lebih Rp 300 triliun --antara lain karena dihitung dengan rupiah sekarang.

Kini Biden, dari partai yang sama, mendorong lagi agar proyek itu bisa selesai. Jerry Brown kini sudah berumur 86 tahun. Kita doakan masih sempat naik kereta itu kelak, di usianya yang 100 tahun.

Mungkin lebih cepat dari itu. Semangat mempercepatnya muncul.

Sekarang bahkan pembicaraan proyek lanjutannya, LA ke LV dimatangkan. Mungkin optimis Biden terpilih lagi. Jangan-jangan juga bisa menang di basis Republik di Texas.

Kelihatannya proyek Texas, Houston-Dallas, tidak akan bernasib seperti SFO-LA. Anda sudah tahu: salah satu penghambat SFO-LA yang begitu parah adalah keterlibatan Sang Naga.

Proyek itu akan didanai Tiongkok. Dengan teknologi Tiongkok.

Amerika tidak mau. Tidak percaya. Takut. Merasa lebih mampu. Lebih aman.

Yang di Texas ini sejak awal sudah tidak disinggung soal Tiongkok sama sekali. Jepang yang memanfaatkannya: Shinkansen. Pun pendanaannya.

Jarak itu pernah saya tempuh dengan 4 jam, mungkin karena harus berhenti membuka selang dua kali. Dengan KA cepat itu cukup 90 menit.

Kereta cepat Jepang rasanya akan jadi raja di banyak jalur Amerika. Tiongkok akan jadi raja di mana?(Dahlan Iskan)



Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 22 Mei 2024 Berjudul Kaya Lama

Muh Nursalim

Banyak jalan-jalan banyak bahan tulisan. Semakin dramatis semakin baik. Ibarat sepon busa kalau tidak ada airnya meskipun diperas-peras juga tidak tak akan menetes. Sebaliknya bila dicelupkan air maka diangkat begitu saja akan menetes sendiri. Begitulah. Abah ini bahan tulisannya sampai netes-netes karena banyak jalan-jalannya. Ada lho kitab ulama yang ditulis hanya selama perjalanan. Itulah kitab Zadul Ma'ad karya Ibnu Qoyim aljauzi. Ulama ini saat perjalanan haji dari Syam ke Mekah sambil menulis. Tanpa perlu rujukan tanpa perlu membuka kitab lain. Yang ada di otaknya ia tuangkan dalam kitab tersebut. Hasilnya ternyata luar biasa. Padahal beliau hidup di tahun 1292 M. Saat itu tentu terknologi literasi masih sangat terbatas. Tetapi dengan ketekunan luar biasa kitab ini bisa diselesaikan. Maka tulisan abah secara sporadis dari hasil jalan-jalannya memunculkan insprasi bagi pembacanya. Sampai hari ini sudah cukup inspirasi itu. Kita tunggu selanjutnya. Masih ada sembilan judul. Katanya.

Lagarenze 1301

Santai sejenak. Saat masih kecil, saya sudah tahu Kansas. Itu nama rokok. Sangat populer. Saya, ayah,dan saudara tidak ada yang merokok, tapi ada om yang suka nyimpan Kansas di atas meja. Nah, Kansas ternyata punya cerita. Setidaknya, ia bagian dari Kerajaan Rokok. Entah siapa yang mengarangnya. Sangat kreatif. Pada suatu masa, ada kerajaan yang bernama Kerajaan Rokok. Dipimpin oleh seorang raja bernama Ardath. Ardath mempunyai seorang anak bernama Kansas, yang pernah menjadi anak didik Adipati Minak Jinggo. Suatu hari, ketika sang Surya tenggelam di ufuk barat dan Star Mild menyinari angkasa, Kansas diculik oleh tiga penjahat bernama Dji Sam Soe. Raja Ardath mendapat informasi bahwa Kansas disekap di Gudang Garam. Ia pun mengutus seorang kesatria bernama Marcopolo untuk membebaskannya.  Sesampainya di Gudang Garam, Marcopolo bertarung dengan Dji Sam Soe. Ketiganya babak-belur dihajar oleh Marcopolo, sehingga wajah mereka penuh dengan Bentoel Biru. Akhirnya Marcopolo berhasil menyelamatkan Kansas, yang kondisi tubuhnya sangat lemah karena disiksa selama disekap.  Marcopolo membawa Kansas ke tabib bernama Marlboro. Marlboro menyuntikkan obat ke dalam tubuh Kansas dengan menggunakan Djarum Super. Akhirnya, Kansas sehat dan tumbuh dengan Sampoerna.

djokoLodang

-o-- Pasangan suami-istri lanjut usia nonton di PVJ. Paris van Java. Saat membeli tiket masuk, dilayani oleh seorang pemuda dengan ramah. Full-senyum. "Dua tiket. Jadi semuanya seratus lima puluh ribu," katanya. "Bukan kah ada diskon untuk Senior-Citizen?", tanya suami. "Sebentar .... O iya, betul. Lagi ada diskon untuk Lansia. ...Silakan tunjukkan KTP Anda berdua." Suami-istri itu pun saling-pandang dengan senyum puas. ------------ Setelah mereka berlalu, penjual tiket ditanya teman sejawatnya. "Untuk apa kau minta KTP mereka? Bukankah sudah sangat jelas mereka di atas 70 tahun?" "Amal saleh... Kamu lihat tadi, betapa senangnya mereka. Dua-duanya merasa terlihat jauh lebih muda. ...". --jL-

Sen Young Tan

kalau negara kaya lama yg dilakukan spt tulisan pak dahlan. untuk negara yg berangan2 menjadi kaya di ultah emasnya thn 2045, rakyatnya tiap hari diminta membaca berita yg isinya: olahraga: kalah di mana2, pembinaan usia dini yg ga jelas, organisasi/federasi olahraga yg pemimpinnya ga ngerti olahraga. pendidikan: sengkarut kebijakan/program pendidikan, kesejahteraan pengajar, mahalnya biaya pendidikan, lulusan sarjana yg semakin banyak bekerja di informal bahkan nganggur. ekonomi: lapangan kerja semakin terbatas, kesejahteraan (kenaikan gaji kalah dgn inflasi), investasi yg terkendala uu dan birokrasi. hasil bumi: dikeruk habis2an oleh oknum2 ilegal tnpa peduli masyarakat adat maupun kehidupan masyarakat sekitar. kesehatan: krg 20 thn lagi usia emas masih bingung mengatasi tengkes dan kelaparan. lingkungan hidup: rakyat dibiarkan mati satu persatu akibat salah/kurang antisipasi bencana alam (gempa bumi, banjir, longsor), kekurangan hasil pangan di tanah penghasil pangan. politik: semua uu diterabas tanpa etika unt kepengentingan golongan2 elit politik (uu masa jabatan mk, uu penyiaran, uu dwifungsi tni polri, uu kementrian. ironisnya uu perampasan aset dibiarkan gantung) hukum: masih lemahnya penanganan kasus kkn (korupsi di sana, gratifikasi di sini, suap di sono) isu perempuan: keseteraan gender, hak2 perempuan di lingkungan kerja, lingkungan pendidikan dibiarkan tanpa kejelesan. peringatan hari kartini, hari ibu hanya sekedar prosesi dan foto2 unt medsos.

Juve Zhang

Dana APBD setiap tahun memgaspal jalan itu itu saja...seharusnya buat sekali yg kuat dan tebal aspalnya...walaupun pendek...kualitas jalan kita tahan 1 atau 2 tahun...minta Anggran Lagi....kesan tak ada kemajuan....Cerita di Tiongkok ...Amerika jalan raya tahan dan kuat ...jarang tiap tahun bolong bolong...itulah tak ada kemajuan berarti...hanya pengulangan jalan kualitas kw2...sudah saatnya buat yg KW1 biarpun pendek tapi tahan lama...tahun berikut sambung tapi KW1 semua.

Mirza Mirwan

Tiga hari sebelum mulai disidangkannya kasus "hush money" pada 15 April, saat ditanya wartawan apakah nantinya akan memberi kesaksian, Trum menjawab "Absolutely testify. I'm testifying. I tell the truth. I mean, all I can do is tell the truth. etc). Jawaban yang sangat meyakinkan. Di minggu kedua sidang, wartawan mengulang pertanyaan belasan hari sebelumnya. Tapi jawaban Trump kurang meyakinkan, karena ada tambahan "if necessary". Eh, di sidang hari ke-20 Selasa kemarin, setelah saksi Robert Costello memberi kesaksian, pembela Trump bila bahwa Costello adalah saksi terakhir yang diajukannya. Artinya Trump tak jadi bersaksi. Entah kenapa. Mungkin kesaksian Costello sudah cukup membuat mereka (tim pembela) merasa "di atas angin". Sehari sebelumnya Costello ini sudah bersaksi, dan membuat Hakim Merchan murka karena Costello memutar-mutar bola matanya. "Don't roll your eyes!" bentak Merchan. Di sidang Selasa kemarin, berulang kali Costello minta agar dewan juri tidak mempercayai kesaksian Michael Cohen, karena kesaksian Cohen tidak seperti yang pernah diceritakan Cohen kepadanya. Artinya Cohen bohong. Tetapi, pekan lalu saat tim pembela Trump menyodorkan bukti chat Cohen kepada Costello, Cohen bilang ia sengaja membohongi Costello karena tahu Costello sekutu Rudy Giuliani. Pengajuan saksi dari jaksa maupun pembela Trump sudah selesai. Selasa pekan depan kedua belah pihak akan menyampaikan "closing statement". Rabu-nya dewan juri akan berembuk

Lagarenze 1301

Seorang pria kaya dan seorang pria miskin sedang makan siang bersama. Orang kaya sedang menikmati makanan mewah yang lezat, sedangkan orang miskin hanya makan sup. Orang miskin: "Hei, mau bertukar?" Orang kaya: "Untuk apa aku menukar kelezatanku dengan sup kotormu?" Orang miskin: "Ini bukan sup biasa, ini resep rahasia keluarga. Siapa pun yang memakannya akan menjadi lebih pintar." Orang kaya: "Benarkah?" Orang miskin: "Ya! Cobalah sendiri!" Orang kaya memberikan makanannya kepada orang miskin dan ganti mengambil supnya. Setelah makan sesendok penuh, orang kaya menoleh ke orang miskin itu. Orang kaya: "Tunggu sebentar! Kamu menipuku dengan omong kosong ini agar kamu bisa mengambil makan siangku!" Orang miskin: "Nah, terbukti sekarang kamu menjadi lebih pintar!"

Jo Neca

Angin yang bisa.membubarkan rapat di dalam ruangan.Anda sudah tahu.

Gregorius Indiarto

"Meski tua jalan ini masih seperti orang tua satu itu; masih tembem, segar, selangnya masih berfungsi mengalirkan cairan apapun,..." tulis Pak Bos memuji orang tua yang tembem itu. Sehat selalu Bos. Tapi, biasanya, saluran tua itu sering bermasalah di klep. Kadang ngowos, hhh. #pengalamanoranglain

Rizal Falih

Salah satu ciri-ciri orang kaya baru adalah membeli barang mewah baru yang sebenarnya sudah dianggap barang lama bagi kelas atas. Selain itu juga cenderung pamer terhadap benda-benda mahal yang baru dibeli atau dimilikinya tersebut. Seringkali dipamerkan melalui medsos. Dijaman yang semua serba bisa menjadi viral, hoby pamer ini bisa menjadi boomerang. Ingin diakui eksistensinya sebgai orang kaya baru, justru malah berakibat harus berhadapan dengan aparat penegak hukum. Dikuliti sumber kekayaannya berasal dari mana. Apalagi jika yang bersangkutan adalah pejabat publik. Sudah banyak contoh dan kasus. Akibat fleking barang mewah di medsos lalu menjadi viral dan berhadapan dengan penegak hukum. Kalau orang kaya lama ya seperi Abah Dahlan. Jauh-jauh ke New York hanya untuk mencari bahan tulisan Disway. Ups. Tidak juga, karena menurut beliau harus kerja keras selama berada disana. Wajarlah. Hasilnya tentu berbeda dengan kaum rebahan. Jangan dibandingkan. Apalagi dengan OKB yang sumbernya dari memeras bawahnya di Kementerian yang dipimpinnya. Hehe.. Semoga sehat terus Abah.

ALI FAUZI

"Makan apa kita hari ini ...?" itu juga ciri khas orang kaya tentang makan. Bagus itu. Yang penting jangan sampai punya program: "Siapa yang kita makan hari ini ...." Jangan pula sampai pada titik ekstrim bawah: "Bisa makankah kita hari ini ...?"

Jimmy Marta

Raja Ardath memang hebat. Kekuasaannya sampai jerman. Sang Kaiser memiliki 555 armada Commodore yg perkasa..

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

ANGIN YANG PUNYA "NAMA".. Karena istri, yang orang Nganjuk tapi gak tau nama angin yang bertiup di sana, maka saya tanya mbah Google. Ternyata memang ada beberapa angin yang "punya nama". Antara lain: 1). Angin "Bahorok" yang sering terjadi di Sumatera Utara merupakan angin yang merusak tanaman tembakau di daerah Deli. 2). Angin "Fohn" atau angin "Wambraw" yang sering terjadi di Papua. 3). Angin "Kumbang", yang sering terjadi di Tanah Sunda. 4). Angin "Gending", yang sering terjadi di Jawa Timur, termasuk Nganjuk. 5). Angin "Brubu" yang sering terjadi di Sulawesi Selatan.. ### Saya belum tau, siapa pemberi nama angin itu. Juga belum tau, dulu sudah "dibancaki" atau belum saat pemberian nama.

Liam Then

Harusnya Kalbar bisa kaya, populasinya ada potensi jadi penduduk yang kaya dimasa 30-40 tahun mendatang, sehingga masuk kategori orang kaya dengan "old money" Saya tak lihat ,susahnya dimana. Sangat jelas terang benderang. Dengan luas 146rb km², garis pantai yang panjang, topografi geografi, dan iklim cuaca, sejarah seismik gempa minim. Ini potensi luar biasa. Perdagangan sahang dunia bernilai 5 milyaran dollar per tahun. Sawit tak usah diomong lagi, kopi ,cacao,kelapa, madu, kayu manis, kayu gaharu, tinggal cek saja nilai total perdagangannya didunia. Belum lagi komoditas tambangnya , dari bauksit, emas sampai berlian ada. Saya bahkan pikir, itu hutan yang gundul, bekas tebangan dulu, kalau mau ditanam kembali dengan modal uang orang luar negeri gratis juga masih bisa, sangat-sangat bisa. Tak harap pertambangan,cuma dari pertanian, perkebunan dan perikanan pun sangat bisa. Asal pemprov dan pemdanya rajin, tahu mulai dari mana, sabar dan disiplin dengan tahapan agenda. Meskipun begitu ,ada tapi-nya, masyarakat juga harus dibikin mengerti dulu, apa-apa tak bisa cepat, harus sabar lewat proses, yakin pada proses Inilah masalahnya di zaman sindrom mie instant saat ini... Pemerintah dituntut cepat ada hasil, budaya jadi terbentuk, otomatis semua fokus pada perubahan jangka pendek, yang serba mau cepat. Bangun gedung cantik ditengah kota, ada label pusat inovasi UMKM bacaannya....tapi sak dilewati, pintu selalu terkunci, tak berpenghuni, dijalan UMKM luber tumpah

Kang Sabarikhlas

"ANTRI PHP" Judul cerita ini ndak niru Abah, tapi kisah nyata nyang bukan di Amerika tapi di Amriki,....begini ceritanya : "Assalamu'alaikum Kang,.. ini ada daging bebek dah bersih dari adik saya diberi 2 ekor, yang 1 untuk sampean. Terimakasih juga Kang sejak balik dikampung ini sampean sering jadi pendamai warga"... Itu ucapan 'pak gaduh' admin WAG Rt+Rw. Karna istri dilarang makan bebek, saya langsung naik suprabapack pergi ke pasar beli bumbu bebek juga beli beras php.. eh anu SPHP sbb tanggaltua saldo penuh derita. Di stand TPID saya kuaget,.. harga beras SPHP semula Rp.54.500/5kg kini naik = Rp.62.500, penjaga stand bilang sbb gabah kering kini 8rb.an. Saya jadi melamun, semua NAIK!... Tiba² ada yg nyolek " Pak, disebelah mana jual kambing untuk qurban" "Lho, dipasar ini ndak ada Pak, cari aja di daerah Pegirian Ampel".... Lalu...saya lanjut lamunan,... lagi² ingat Abah, apa ndaktahu UKT naik, andai ongkos kesono di pinjemkan saya pakai buat kulakan kambing, enak jual lagi dapat cuan... daripada daripadanya buat ANTRI PHP....duh eman.. kayak Whooss. Yo wis ben, que sera sera saya mau nyambel+goreng bebek. Alhamdulillah.

Mirza Mirwan

Masih mengenakan celana dinas (mungkin karena besok libur), hanya berkaus singlet, Mas Sekcam mendorong troli cucunya lewat depan rumah. Eh, setelah berbasa-basi tiba-tiba bertanya: "Jalan tol I-70 di Amerika itu panjangnya berapa kilometer, sih, Pak?". Mungkin banyak pembaca CHD yang bertanya serupa, meski dalam hati. Sebenarnya jalan-bebas-hambatan-antar-negara-bagian (interstate highway) I-70 itu bukan yang terpanjang di AS. Meski begitu panjangnya memang ngudubilah, 2.171 mil (3.495km). Interstate-70 merambah 11 negara bagian: Maryland, Pennsylvania, West Virginia, Ohio, Indiana, Illinois, Missouri, Kansas, Colorado, dan Utah. Entah I-70 itu nomor berapa terpanjang. Yang jelas, yang terpanjang adalah I-90, dari Boston (Massachusetts) di timur hingga Seatle (Washington) di barat. Panjangnya 3.020 mil (4.860-an km). Di bawahnya ada I-80, dari Teanech (New Jersey) hingga San Fransisco (California) yang sepanjang 2.899 mil (4.665-an km). Benarkah jalan tol di AS gratis? Semua interstate memang gratis. Kecuali bila lewat jembatan atau terowongan tertentu, itu berbayar. Kayak kemarin saya menyebut Holland Tunnel, Lincoln Tunnel, dan George Washington Bridge, itu semuanya kena pajak (tax on location/TOL) bila lewat.

Liam Then

Ruth Gottesman, janda kaya umur 93 tahun, mantan profesor di Albert Einstein of Medical School, sumbangkan uang warisan suami, senilai 1 milyar dollar ekuivalen 16 triliun rupiah. Untuk bayar uang kuliah mahasiswa disana. Dr.Ruth bukannya tak punya anak, cucunya saja ada 3. Begitu hebatnya orang kaya lama di Amerika, kalo dah nyumbang, tak kira-kira nilainya. Hihihi....jadi kepengen cari sumbangan orang kaya lama di Indonesia...apa ada..... Wuasuuu......musim minyak goreng langka.....barangnya tiba-tiba bisa tak ada........ Wuassuuuu.......wauasuuuuuu........ Maap saya maki-maki...Ndak marah cuma kepengen......

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 110

  • Muh Nursalim
    Muh Nursalim
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Liam Then
      Liam Then
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Johannes Kitono
      Johannes Kitono
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Liam Then
      Liam Then
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • Liam Then
    Liam Then
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
  • Liam Then
    Liam Then
  • Rizal Falih
    Rizal Falih
    • Liam Then
      Liam Then
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Wilwa
    Wilwa
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Liam Then
      Liam Then
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • Fiona Handoko
    Fiona Handoko
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • tyong Antonio
    tyong Antonio
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Liam Then
      Liam Then
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • Supri Yanto
    Supri Yanto
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Hendra Tanudjaja
    Hendra Tanudjaja
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Dasar Goblik
      Dasar Goblik
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Handoko Luwanto
      Handoko Luwanto
    • Handoko Luwanto
      Handoko Luwanto
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Ahmad Zuhri
    Ahmad Zuhri
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Dasar Goblik
      Dasar Goblik
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Dasar Goblik
      Dasar Goblik
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • Hendro Waluyo
    Hendro Waluyo
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Dasar Goblik
      Dasar Goblik
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • alasroban
    alasroban
  • Rizal Falih
    Rizal Falih
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • Er Gham
    Er Gham
    • Er Gham
      Er Gham
  • Er Gham
    Er Gham
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Lègég Sunda
    Lègég Sunda
  • djokoLodang
    djokoLodang
    • Lègég Sunda
      Lègég Sunda
  • Gianto Kwee
    Gianto Kwee
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin