Kapan Waktu Wukuf di Arafah 2024? Cek Tanggalnya di Sini

Kapan Waktu Wukuf di Arafah 2024? Cek Tanggalnya di Sini

Informasi puncak ibadah haji 2024 lengkap jadwal dan aturannya.-kemenag-kemenag

JAKARTA, DISWAY.ID - Wukuf menjadi salah satu rukun berhaji yang wajib hukumnya untuk dilaksanakan jemaah di Padang Arafah.

Wukuf juga dikenal sebagai puncak pelkasanaan ibadah haji, dengan berdiam diri atau berhenti di Arafah dalam keadaan ihram pada tanggal 9 Dzulhijjah dalam kalender Islam.

Rukun satu ini juga menjadi tanda sah atau tidaknya jemaah dalam melaksanakan haji, apabila dilewatkan maka ia tidak menyempurnakan ibadah haji tersebut.

BACA JUGA:Buya Yahya Tegaskan Berhaji Tanpa Wukuf di Arafah Tidak Sah: Amalannya Tidak Bisa Diganti!

BACA JUGA:Benarkah Puasa Arafah Ikut Momentum Jemaah Haji Sedang Wukuf di Mekkah? Ini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Hal itu juga didasarkan dalam hadist Rasulullah SAW Tirmidzi yang diriwayatkan oleh Abdurrahman bin Ya'mur.

الحجُّ عرفةُ , فمن اَدْرَكَ لَيْلَةَ عرفةَ قبلَ طُلُوْعِ الفَجْرِ من ليلةِ جُمَعٍ فَقَدْ تَمَّ حَجُّـهُ

Artinya: "Haji adalah (wukuf di) Arafah. Siapa yang datang (di Arafah) pada hari Nahar malam sebelum fajar terbit, dia terhitung melakukan wukuf." (HR Tirmidzi, Ahmad, Abu Daud, Nasai dan Ibnu Majah).

Waktu Wukuf di Arafah 2024

Melansir dari NU Online, wukuf di Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah dengan ditandai tergelincirnya matahari (masuk waktu dzuhur) hingga terbit fajar (masuk waktu subuh).

Perlu diketahui, jemaah tidak diharuskan melaksanakan wukuf satu hari penuh mulai dari tergelincirnya matahari hingga terbitnya fajar.

BACA JUGA:Ketegasan Ustaz Syafiq Soal Perbedaan Puasa Arafah di Indonesia dan Arab: Ibadah Kita di Indonesia Bukan Wukuf

BACA JUGA:Dahsyat! Keutamaan Puasa Arafah Dosa 2 Tahun Terampuni, Ustaz Adi Hidayat: Dosa Besar Pun Berpeluang Diampuni Seperti Orang Wukuf

Jemaah diperbolehkan memilih waktu dalam rentang waktu tersebut, meskipun sejenak namun tetap sah dan sudah menyempurnakan ibadah haji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: