Tak Ikut Upacara di Dumai Bareng Jokowi, Megawati Ikuti Harlah Pancasila di Ende

Tak Ikut Upacara di Dumai Bareng Jokowi, Megawati Ikuti Harlah Pancasila di Ende

Megawati Diminta Tetap Jadi Ketua Umum 2025-2030.--Raka Denny/Harian Disway--

DUMAI, DISWAY.ID - Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2024 akan dipusatkan di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Riau. 

Upacara di Blok Rokan itu akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. 

BACA JUGA:Jelang Upacara Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan, BPIP Lakukan Gladi Bersih

BACA JUGA:Mengintip Persiapan Upacara Harlah Pancasila di Pertamina Hulu Rokan, Peserta Lakukan Gladi Bersih

Namun, upacara itu tak dihadiri oleh Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri. Ketua PDI Perjuangan bakal mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Sabtu, 1 Juni 2024 mendung .

Kepastian ini disampaikan oleh Sekretaris Utama BPIP, Tonny Agung Arifianto usai meninjau gladi resik persiapan jelang upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Riau, Kamis 30 Mei 2024. 

"Ketua (Dewan Pengarah BPIP) kembali lagi ini proses pembagian kewenangan. Proses pembagian kewenangan karena yang akan hadir di sini adalah Sekretaris Dewan Pengarah, kemudian termasuk anggota Dewan Pengarah," ujar Tonny kepada wartawan di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Riau, Kamis. 

Tonny mengatakan, alasan Megawati tak turut serta dalam di Dumai lantaran peringatan Hari Lahir Pancasila lahir dari nilai historis kelahiran Pancasila yakni Kota Ende, Nusa Tenggara Timur.

BACA JUGA:Amankan Upacara Hari Lahir Pancasila, 1.200 Personel Gabungan Disiapkan Polda Riau

"Sebagai bagian dari proses jejak langkah atau katakanlah histori Pancasila ada di Ende. Rahimnya Pancasila akhirnya di Ende dan pada kesempatan kali ini Ibu Ketua Dewan Pengarah akan ada di Ende, sehingga nanti memang ini bagian proses dari birokrasi yang kita bangun untuk saling mendelegasikan kewenangannya," ucap Tonny.

Hal ini turut dipertegas oleh Wakil Kepala BPIP, Rima Agristina yang mengungkapkan, upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni besok turut digelar di sejumlah wilayah di Indonesia secara luring. 

Hal ini pula yang membuat Megawati tidak hadir di upacara Hari Lahir Pancasila di Dumai, Riau.

"Jadi tidak hanya di pusat, di satu lokasi karena itu kegiatan ada di beberapa wilayah. Nah Ibu Ketua Dewan Pengarah di sana upacara di Ende. Kemudian di sini Sekretaris Dewan Pengarah juga akan berada di sini dengan beberapa anggota Dewan Pengarah mengikuti acara-acara luring," tutur Rima.

BACA JUGA:Jelang Peringatan Harlah Pancasila, Pemda Terus Matangkan Persiapan Upacara 1 Juni di Blok Rokan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: