Layani Operasi Katarak, RS Mata Achmad Wardi Banten Jadi Pusat Pendidikan Dokter Spesialis Mata

Layani Operasi Katarak, RS Mata Achmad Wardi Banten Jadi Pusat Pendidikan Dokter Spesialis Mata

Rumah Sakit Mata Achmad Wardi operasi katarak--Sabrina Hutajulu

SERANG, DISWAY.ID - Rumah Sakit Mata Achmad Wardi yang berada di Jalan Raya Taktakan No.10, Lontarbaru, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten menjadi satu-satunya rumah sakit spesialis berbasis wakaf di dunia.

Rumah sakit spesialis mata ini didirikan oleh Badan Wakaf Indonesia (BWI) bekerjasama dengan Dompet Dhuafa (DD) di Kota Serang.

Direktur Utama Rumah Sakit Mata Achmad Wardi Pradipta Suarsyaf mengatakan bahwasanya rumah sakit saat ini tengah melakukan pelayanan lebih luas lagi.

Tidak hanya untuk urusan penyakit katarak yang biasa diderita lansia, tapi RS Mata Achmad Wardi bisa memanfaatkan dana wakaf yang ada untuk pengadaan alat-alat terbaik dari Jerman sebagai rumah sakit pusat retina dan glukoma.

BACA JUGA:IDI Bakti Sosial Operasi Bibir Sumbing dan Katarak Pasien Tak Mampu

"Sehingga sekarang rumah sakit ini jadi rujukan bukan hanya di Banten saja, tapi juga ada yang dari pasien dari Lampung, Palembang, karena masih sedikit rumah sakit yang punya alat dan dokter spesialisnya," ujarnya  saat jumpa pers pada Rabu 5 Juni 2024.

Lebih lanjut, RS Mata Achmad Wardi juga mengadakan bakti sosial (baksos) setiap hari.

Untuk kuota, RS Mata Achmad Wardi mengoperasi katarak satu pasien dalam satu hari. Jadi dalam sebulan, RS Mata Achmad Wardi adakan operasi katarak gratis minimal 30 pasien.

BACA JUGA:Mata Katarak Haruskah Selalu Dioperasi? Ini Kata Dokter

"Jadi baksos kita ini kontinyu ya, bukan baksos yang satu hari 50 pasien, engga, ini jadi daily activity kita yaitu baksos. Sebelumnya calon pasien akan kita survei dulu, kalo layak langsung operasi gratis," lanjutnya.

Untuk pasien kata Pradipta, saat ini RS Mata Achmad Wardi melayani 120 orang pasien setiap harinya.

Jadi dalam sebulan bisa melayani 3 hingga 4 ribu pasien.

BACA JUGA:Hasnah Dua Kali Operasi Katarak Pakai Fasilitas JKN

Kemudian untuk operasi sehari melayani 15-20 pasien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: