5 Contoh Khutbah Idul Adha 2024 Singkat dan Penuh Makna

5 Contoh Khutbah Idul Adha 2024 Singkat dan Penuh Makna

Bacaan niat puasa Idul Adha dan Qadha Ramadhan lengkap Arab, latin, dan terjemahannya.--Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Dalam waktu dekat, umat Muslim diseluruh dunia termasuk Indonesia akan memperingati Hari Raya Idul Adha.

Idul Adha menjadi salah satu perayaan istimewa Umat Muslim selain Idul Fitri di bulan Ramadan. Pada Idul Adha, banyak pelajaran yang dapat dipetik tentang keikhlasan dan semangat berbagi.

Selain itu, hari besar umat Islam ini juga diperingati dengan salah sunnah (salat Ied Adha) dan ibadah berkurban bagi yang mampu.

BACA JUGA:Sah! Puasa Arafah dan Idul Adha 2024 di Arab dan Indonesia Terjadi Perbedaan, Benarkah?

Setelah menunaikan salat Ied, biasaya khatib akan menyampaikan khutbah terkait Idul Adha atau hikmah menjalankan sunah-sunah di bulan Dzulhijjah.

Berikut referensi khutbah Idual Adha yang dapat digunakan para khatib ataupun dai.

Contoh Khutbah Idul Adha 2024 Singkat dan Penuh Makna 

Melansir dari sejumlah sumber, berikut contoh khutbah Idul Adha yang bisa digunakan untuk menyampaikan pesan teladan dari Nabi Ibrahim AS dan para Rasul Allah SWT.

1. Mengokohkan Iman dan Taqwa Melalui Qurban

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberi kita kesehatan dan kesempatan untuk merayakan Idul Adha pada hari yang penuh berkah ini. Shalawat dan salam kita panjatkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya.

BACA JUGA:Doa Niat Puasa Arafah Idul Adha 2024 Lengkap dengan Tata Caranya, Jangan sampai Salah!

Jamaah yang dimuliakan Allah,

Idul Adha mengajarkan kita untuk memperkuat iman dan taqwa melalui ibadah qurban. Qurban adalah bentuk pengorbanan yang menunjukkan kepatuhan kita kepada Allah SWT. Dengan berqurban, kita belajar untuk melepaskan ego dan keinginan pribadi demi menjalankan perintah Allah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: