Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Targetkan 10.000 Jenis Pohon Penyerap Polutan dan 14 Taman

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Targetkan 10.000 Jenis Pohon Penyerap Polutan dan 14 Taman

Pj Gubernur Heru Budi Hartono dalam penanaman pohon. Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) Provinsi DKI Jakarta menargetkan 10.000 pohon penyerap polutan. -cahyono-

JAKARTA, DISWAY-- Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) Provinsi DKI Jakarta menargetkan 10.000 pohon penyerap polutan ditanam di 14 lokasi.

Penanaman 25 jenis pohon penyerap polutan itu akan difokuskan di tiga zona, yakni lahan kosong, jalur hijau, serta taman kota.

Kepala Distamhut Provinsi DKI Jakarta Bayu Meghantara mengungkapkan, target penanaman pohon penyerap polutan tersebut masuk dalam Kegiatan Strategis Daerah Tahun 2024.

BACA JUGA:Antisipasi Banjir Jakarta, Dinas SDA DKI Keruk Lumpur di Sungai dan Waduk

"Sasaran utamanya saat ini adalah di daerah yang masih banyak lahan kosong, jalur hijau, dan taman-taman kota," katanya pada Selasa, 11 Juni 2024.

Penanaman pohon ini, lanjutnya, bertujuan untuk menekan polusi udara di Jakarta. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, melalui Distamhut, akan menggandeng 15 perusahaan.

Distamhut Provinsi DKI Jakarta juga terus mengajak masyarakat ikut andil menanam pohon dalam Kegiatan Jumat Menanam.

Langkah lain Distamhut Provinsi DKI Jakarta dalam upaya menekan polusi udara di Jakarta adalah membangun dan menata Ruang Terbuka Hijau (RTH) di 14 lokasi.

Selain menjadi lahan hijau, penambahan RTH tersebut diperlukan pula untuk mendukung kegiatan masyarakat.

"Warga Jakarta akan merasa nyaman dengan RTH, sehingga kualitas hidupnya menjadi lebih baik," ucap Bayu.

BACA JUGA:Dinas SDA DKI Pastikan Pembangunan Waduk Rawa Malang Selesai Juni Ini

Dari 14 RTH itu, tiga di antaranya adalah hutan kota, yakni Hutan Kota Ujung Menteng Baru, Hutan Kota Jalan Sawo Kecik, serta Hutan Kota Jalan Pinang II.

Bayu menyatakan, ketiga hutan kota itu dilengkapi beberapa fasilitas penunjang, seperti pos jaga, pedestrian, toilet, area parkir, lapangan olahraga, outdoor gym, jogging track, tempat duduk, serta lampu penerangan. Hutan kota tersebut juga ditanami dengan banyak pohon pelindung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: