Jamaah Haji Mulai Tempati Tenda di Arafah

Jamaah Haji Mulai Tempati Tenda di Arafah

Jamaah haji dari Depok tiba di Aafah dan menempati tenda di maktab 68., Jumat, 14 Juni 2024. -Tomy Gutomo-Media Center Haji

MAKKAH, DISWAY.ID – Jamaah haji Indonesia hari ini secara bergelombang bergerak dari Makkah ke Arafah. Sejak pukul 08.00, secara bertahap jamaah mulai menempati tenda di maktab-maktab yang disediakan oleh Masyariq –vendor yang melayani jamaah haji Indonesia.

Seperti yang terlihat di maktab 68. Pada pukul 09.30, tiga bus yang membawa jamaah dari Karawang dan Depok telah tiba. Saat tiba, pintu bus masih tersegel. Petugas Masyariq kemudian membuka segel stiker itu dan mempersilakan jamaah turun. 


Jamaah tiba di Arafah dan menempati maktab 68-Tomy Gutomo-Media Center Haji

Jamaah disambut langsung oleh Kepala Sektor 9 Ad hoc Abrar Munanda. "Jamaah langsung diarahkan petugas untuk masuk ke tenda biar tidak kepanasan," ujar Abrar.

BACA JUGA:Gawat! Hari Ini ke Arafah, 7000 Jamaah Belum Pegang Smart Card

BACA JUGA:Tercatat 482 Jamaah Haji Safari Wukuf di Arafah

Beberapa tenda sempat overload karena yang masuk melebihi kapasitas. Menurut Abrar, hal itu terjadi karena ada jamaah satu grup yang ingin tinggal dalam satu tenda. Tidak mau terpisah dengan grupnya. 

"Sekarang yang penting masuk tenda dulu. nanti baru kita data disesuaikan dengan tendanya masing-masing," kata pria asal Sumatera Barat itu.


Kepala Sektor 9 Ad hoc Abrar Munanda menyambut jamaah di tenda maktab 68. -Tomy Gutomo-Media Center Haji

Beberapa tenda memang terlihat padat. Namun sebagian yang lain justru lapang. Petugas sektor akan mengatur lagi agar jamaah menempati tendanya masing-masing. 

Para jamaah pun terlihat gembira setelah tiba di Arafah. "Senang sekali bisa sampai di sini. Seperti mimpi," ujar Ani Nurani, jamaah lansia asal Depok, Jawa Barat.

Ani yang tergabung dalam KBIHU Al Furqon merasakan fasilitas yang didapat jamaah haji sangat baik. Pelayanannya juga dia nilai baik. "Petugasnya oke. Ramah-ramah. Tidak pernah saya jalan tidak dituntun," ujarnya.

Terkait tenda yang terasa sempit, Ani tidak mempersoalkan. "Biat sempit hati kami lapang. Tetap senang. Tamu Allah kan harus senang ya," kata Ani.

BACA JUGA:Jamaah Bisa Dengarkan Kutbah Arafah Versi Bahasa Indonesia, Penerjemahnya WNI asal Lombok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: