Sayang Sekali, Kuota Haji Khusus Masih Sisa 200

Sayang Sekali, Kuota Haji Khusus Masih Sisa 200

Jamaah haji reguler di Arafah. -Tomy Gutomo-Media Center Haji

MAKKAH, DISWAY.ID – Kuota jamaah haji Indonesia tahun ini 241 ribu jamaah. Dari jumlah itu, 27.620 merupakan kuota untuk jamaah haji khusus. Sayangnya, kuota itu tidak teserap seluruhnya. Masih tersisa 200 seat.

"Tentunya ini kami semua berupaya untuk menghabiskan. Namun kendala pesawat, izin terbang, kemarin kami sudah mencoba," ujar Sekjen Asosiasi Penyelenggara Haji Umroh dan In-Bound Indonesia (Asphurindo) Muhammad Iqbal. 

Sebenarnya, kata Iqbal, semua jamaah sudah melunasi pembayaran. Namun waktunya sudah mepet dengan batas pengurusan izin terbang dan entry data di E-Haj. 

"Tanggal 13 Juni sudah tidak terkejar sehingga tidak bisa dihabiskan. Jadi ada yang lunas tunda, kami coba ganti lagi namun izin terbang dan kesiapan hotel di sini semua pakai sistem E-Haj jadi terkejar," katanya.

BACA JUGA:Jamaah Haji 2024 Peringati Haul Ke-5 Mbah Maimoen Zubair di Makkah

BACA JUGA:Catat! Jadwal Lontar Jumrah Jamaah Haji Indonesia

"Sistem E-Haj sekarang berbeda, di mana sekarang harus tambah kuota dulu baru bisa kontrak. Kalau tahun lalu kita bisa kontrak sebanyak mungkin baru kita bisa pemisahan," katanya.

Iqbal berharap tahun depan semua kuota terserap. Sebab, ironis di saat banyak jamaah mengantre bertahun-tahun untuk berangkat haji. Namun justru da kuota yang tidak bisa digunakan.

Iqbal mengapresiasi Kementerian Agama yang bisa menaikkan kuota haji khusus tahun ini, dari sebanyak 16 ribuan tahun 2023 menjadi 27 ribuan pada 2024. Ini sekaligus menjadi sejarah bagi pemerintahan Indonesia saat ini. Kuota ini menjadi tanggung jawab PIHK.

"Sehingga kami semua ada sekitar 500 PIHK dari 11 asosiasi tentunya bersiap bagaimana meracik, meramu agar kuota semuanya terserap," katanya.


Persiapan di tenda jamaah haji khusus.--

Tenda-tenda jamaah haji khusus di Arafah juga telah siap. Lokasinya tidak berjauhan dengan jamaah haji reguler. Dari maktab jamaahhaji reguler, tenda-tenda jamaah haji khusus terlihat. Rata-rata jamaah haji khusus Tarwiyah dulu di Mina sebelum ke Arafah.

Ketua AMPURI Firman M Mur mengatakan tenda-tenda jamaahnya disiapkan juga oleh Mashariq. "Dalam pantauan kami, persiapan tenda dan akomodasi pendukungnya luar biasa, AC lain-lainnya siap, Insya Allah jamaah bisa menunaikan ibadah secara maksimal. Sekarang kita kembali kepada bagaimana jamaah tersebut dapat memenuhi semua ketentuan dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini," katanya.

BACA JUGA:Tercatat 482 Jamaah Haji Safari Wukuf di Arafah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: