Jamaah Haji 2024 Peringati Haul Ke-5 Mbah Maimoen Zubair di Makkah

Jamaah Haji 2024 Peringati Haul Ke-5 Mbah Maimoen Zubair di Makkah

KH Maimoen Zubair--Media Center Haji

MAKKAH, DISWAY.ID – Sebelum berangkat ke Arafah untuk wukuf, sebagian jamaah haji Indonesia sempat merayakan Haul ke-5 KH Maimoen Zubair di sektor masing-masing. Puncak haul dilakukan di aula Kantor Urusan haji Indonesia di Makkah, pada Kamis 13 Juni 2024.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada muhibbin dan juga pemerintah yang menggelar puncak haul karena sebelumnya kita mengadakan haul di beberapa kloter," kata putra Mbah Maimoen, Gus Yasin, kepada Media Center Haji.

Menurut Gus Yasin, keteladanan Mbah Moen –sapaan Maimoen Zubair– beliau sangat mengagumi Siti Khadijah dan guru-gurunya. "Kita dicintai oleh Allah hanya karena kita mencintai kekasih Allah. Semoga dengan cinta kita kepada Mbah Moen Allah terima semua ibadah kita khususnya ibadah kita di tanah suci," kata Gus Yasin.

BACA JUGA:Catat! Jadwal Lontar Jumrah Jamaah Haji Indonesia

BACA JUGA:Inilah Prosesi Wukuf Jamaah Haji Indonesia di Arafah

Gus Najih Maimoen mengucap syukur karena setiap tahun dapat membuat peringatan haul di Makkah ini. Kalau di Indonesia, haul Mbah Moen diperingati pada bulan Ramadan sekalian dengan haul Mbah Zubair. Sebagian alumni juga bikin haul sendiri di Jepara di mana.

"Mbah Moen selalu ngajar kalau ada kesempatan. Bahkan lagi capek juga ngajar. Semoga semua mendapat berkah dan ketenangan," kata Gus Najih. 

Wamenag Saiful Rahmat Dasuki yang juga hadir mengajak meneladani puncak ilmu Mbah Maimoen, yaitu ketawadhuannya kepada siapa saja.

''Kita bersyukur. Kita bisa teladani keistiqamahan beliau selama hidupnya. Pembelajaran buat kita semua," kata Wamenag Saiful Rahmat.

Kadaker Makkah Kholilurrahman mengatakan, dengan kepadatan waktu kita masih bisa menyelenggarakan haul. Ini sebagai bentuk cinta kita santri kepada guru. Kita ingin ambil keteladanan keluasan ilmu beliau, akhlak beliau, dakwah, keteladanan dalam memimpin masyarakat.

"Memang ketika wafat 2019 beliau sempat disemayamkan di sini. Karena kecintaan beliau kepada Rasulullah dan Siti Khadijah, beliau dimakamkan di Ma'la dekat makam Siri Khadijah," kata Kholil.

Haul itu dihadiri oleh Wamenag, Kepala Kadaker Makkah, Kiai Anieq Muhammadun, Gus Hasib Wahab, Jindan bin Novel, Novel Alaidrus. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: