Waduh, Server Keimigrasian Down Karena Serangan Siber, Antrean Imigrasi di Bandara Soetta Mengular!

Waduh, Server Keimigrasian Down Karena Serangan Siber, Antrean Imigrasi di Bandara Soetta Mengular!

Antrean mengular di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang karena layanan pemeriksaan paspor terganggu akibat Server Keimigrasian yang tersimpan di Pusat Data Nasional (PDN) terganggu, Kamis 20 Juni 2024-X jesswjk-

JAKARTA, DISWAY.ID - Jagat media sosial dihebohkan dengan ramainya lini masa yang mengunggah antrean mengular si sejumlah bandara internasional.

Layanan imigrasi penumpang yang tersimpan dalam sistem Pusat Data Nasional (PDN) milik Kominfo down.

BACA JUGA:Rencana Desain Baru Paspor yang Bakal Berganti Warna Dikritisi Akademisi: Apakah yang Lama Memang Tidak Aman?

BACA JUGA:Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye Resmi WNI, KTP dan Paspor Langsung Jadi

Hal ini menyebabkan terkendalanya layanan keimigrasian di sejumlah bandara dan pelabuhan internasional.

Salah satunya terjadi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Dalam lini masa X, tampak antrean yang begitu mengular karena layanan keimigrasian berhenti mendadak. 

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Silmy Karim mengatakan tengah memaksimal upaya untuk meminimalisir dampak gangguan. 

“Kami sedang mengupayakan pemulihan aplikasi dan data dengan memanfaatkan data backup PDN di Batam dan kami upayakan agar layanan bisa pulih sesegera mungkin,” kata Silmy dalam keterangan tertulis yang diterima Disway.id, Kamis 20 Juni 2024.

Silmy menjelaskan bahwa gangguan yang terjadi pada sistem imigrasi disebabkan Pusat Data Nasional yang bermasalah. PDN itu merupakan ranah dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

"Imigrasi sebagai pengguna, di mana server kita ada di PDN," tambahnya.

BACA JUGA:Terobosan Kantor Imigrasi Jaksel, Buka Immigration Lounge di Pondok Indah Mall 3 yang Layani Hingga Weekend

BACA JUGA:Mudahkan Pelayanan, Imigrasi Jaksel Buka Immigration Lounge di Pondok Indah Mall 3

Silmy mengatakan layanan keimigrasian di kantor imigrasi, unit layanan paspor, unit kerja keimigrasian, serta tempat pemeriksaan imigrasi di bandar udara dan pelabuhan untuk sementara mengalami kendala akibat gangguan PDN tersebut.

Meski begitu, Silmy memastikan masyarakat yang berada di bandara udara internasional dan akan melakukan penerbangan tetap akan dilayani oleh petugas imigrasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: