Bung Towel Bantah Anti Pemain Naturalisasi: Membangun Sepak Bola Bukan Sekadar Bentuk Timnas!

Bung Towel Bantah Anti Pemain Naturalisasi: Membangun Sepak Bola Bukan Sekadar Bentuk Timnas!

Bung Towel Bantah Anti Pemain Naturalisasi: Membangun Sepak Bola Bukan Sekadar Bentuk Timnas!-Novel Baswedan-YouTube Channel

JAKARTA, DISWAY.ID - Pengamat sepak bola Tommy Welly atau Bung Towel membantah bahwa dirinya anti pemain naturalisasi di Timnas Indonesia.

Menurut Bung Towel, frasa dari pernyataan bahwa dirinya tidak suka dengan pemain naturalisasi jelas keliru.

Bung Towel setuju dengan kondisi sepak bola Indonesia sekarang sedang membaik, salah satunya dengan faktor kejayaan Timnas Indonesia.

Akan tetapi ketika adanya pemain naturalisasi timbul sebuah akselerasi untuk mempercepat perkembangan, hanya saja belum tentu ekosistem persepakbolaan di Indonesia semuanya sudah dibangun dengan baik.

BACA JUGA:

"Sederhananya gini, naturalisasi sekarang datang, prestasi itu kan kita ingin ciptakan sustain (berkesinambungan), berarti kalau berkesinambungan nggak boleh atasnya saja," kata Bung Towel dikutip dari kanal YouTube Novel Baswedan pada Sabtu, 22 Juni 2024.

"Timnas Indonesia itu kan elite sepak bola, tapi mereka itu kan datang dari bawah itu kan teori bola kan dari mana pun begitu. Berarti, bottom bawahnya harus kuat. Bottom itu apa saja? Pembinaan usia muda, youth football-nya harus kuat, kalau sudah kuat naik ke atas nanti kan profesional baru yang terbaiknya baru ada di Timnas," sambungnya.

Menurut Bung Towel, pemain naturalisasi ini masuk bukan dari bawah tapi justru langsung lewat samping yang tidak bisa dijadikan jaminan dalam sebuah proyek jangka panjang.

Jika Bung Towel gambarkan seperti sebuah diagram, proses sepak bola dari paling atas ada Timnas Indonesia (elite), dari bawah ada grassroot, youth, elite youth, Timnas Indonesia youth, profesional club, barulah terakhir Timnas Indonesia senior.

BACA JUGA:

Sehingga Bung Towel menilai para pemain naturalisasi itu langsung datang ke tingkat profesional dalam hal ini Timnas Indonesia tanpa mengikuti seluruh proses dari bawah.


Bung Towel Sebut Shin Tae-yong Penuh dengan Perlakuan Istimewa---Dok. Istimewa

"Makanya saya hanya mengingatkan konsekuensi itu, dalam konteks akselerasi itu fine sah-sah saja, apalagi aturannya juga ada. Bahwa ada kepentingan naikin Timnas seperti sekarang masyarakat butuhkan ya juga fine. Tapi, saya hanya mengingatkan, tidak sekadar membentuk Timnas, kan kalau mau membentuk Timnas dari atas saja tapi membangun sepak bola itu harus semua yang saya bilang tadi ekosistem," pungkasnya.

Dari penilaian Bung Towel, kondisi persepakbolaan di Indonesia saat ini masih belum memenuhi dengan baik karena masih ada banyak pekerjaan rumahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: