24 Juni 2024 Hari Bidan Nasional, Garda Terdepan Kesehatan Bumil Turunkan AKB dan AKI

24 Juni 2024 Hari Bidan Nasional, Garda Terdepan Kesehatan Bumil Turunkan AKB dan AKI

Ilustrasi Hari Bidan Nasional 2024--Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID – Hari ini 24 Juni 2024 merupakan Hari Bidan Nasional.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, peringatan Hari Bidan Nasional (National Midwife Day) bertujuan untuk memberitahu masyarakat akan tugas mulia sebagai bidan, sekaligus merupakan hari berdirinya Ikatan Bidan Indonesia (IBI) pada tanggal 24 Juni 1951.

Bidan melindungi hak kesehatan reproduksi melalui pemberdayaan perempuan dan optimalisasi pelayanan kebidanan dalam membantu ibu hamil; proses persalinan dan pasca persalinan; serta membantu menurunkan angka kematian ibu (AKI).

BACA JUGA:Hamil Anak Ketiga, Jessica Iskandar Akui Sempat Minta Pisah Ranjang dengan Suami, Kenapa?

Bidan diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme agar mampu memberikan pelayanan sesuai standar profesi dan kewenangan, selain itu memperkuat eksistensi pelayanan kesehatan primer melalui optimalisasi pelayanan kebidanan.

Mengenal Ikatan Bidan Indonesia (IBI)

Dikutip dari laman resmi KOWANI, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) adalah organisasi profesi berbentuk kesatuan, Bersifat nasional, berazaskan Pancasila yang bertujuan antara lain

Menggalang persatuan dan persaudaraan antara sesama Bidan serta kaum wanita pada umumnya dalam rangka memperkokoh persatuan bangsa.

Membina pengetahuan dan keterampilan anggota dalam profesi kebidanan, khususnya dalam pelayanan kesehatan Ibu dan Anak serta kesejahteraan keluarga.

BACA JUGA:Hamil Anak Ketiga, Jessica Iskandar Larang Vincent Verhaag Pakai Deodoran dan Minyak Wangi

Membantu pemerintah (partisipasi aktif) dalam pelaksanaan pembangunannNasional, terutama dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

IBI didirikan pada tanggal 24 juni 1951 di Jakarta, merupakan penggabungan berbagai organisasi Bidan didaerah-daerah.

Pada 15 Oktober 1954 IBI diakui sebagai sebuah organisasi yang berbadan Hukum dan tertera dalam lembaran Negara No. Y.A.5/ 927 (Departemen kehakiman).

Pada tahun 1956, IBI diterima sebagai anggota ICM (International Confederation of Midwifes). Pada tahun 1985 dan 2000 IBI menjadi tuan rumah ICMmeeting untuk kawasan Asia Pasifik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: