PDIP Buka Kerjasama Dengan PKB di Pilkada Jakarta Setelah PKS Usung Sohibul Iman, Sebut Nama Anies

PDIP Buka Kerjasama Dengan PKB di Pilkada Jakarta Setelah PKS Usung Sohibul Iman, Sebut Nama Anies

Juru Bicara PDI Perjuangan, Cyril Raoul Hakim dalam suatu acara. -tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Peta politik menjelang Pilkada Jakarta 2024 masih dinamis. Terbaru, PKS telah resmi mengumumkan bakal calon gubernur pada Pilkada Jakarta dari kader internal yakni Sohibul Iman.

Usai PKS usung Sohibul Iman, partai politik masih terus membuka peluang kerjasama dengan partai lainnya. Di antaranya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

Juru bicara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Cyril Raoul Hakim atau Chico Hakim, menyatakan, partainya sedang dalam proses untuk menentukan calon yang akan diusung dalam Pilkada DKI Jakarta mendatang.

BACA JUGA:PKS Bakal Usung Sohibul Iman, Pendukung Anies Baswedan Yakin Ada Perubahan

"Masih mengusung mencari satu nama dari internal yang akan kami usung. Nah kemudian dipasangkan dengan tokoh lain," katanya dalam konfirmasinya, Senin 24 Juni 2024.

Chico juga menambahkan PDI Perjuangan terbuka untuk menjajaki kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Diketahui, PKB telah menyebut nama Anies Baswedan untuk menjadi bakal calon gubernur pada Pilkada mendatang.  

"Misalnya ya bisa dengan Pak Anies karena kalau mungkin PKB mengusung Anies gitu, jadi namun memang artinya kita terbuka dengan nama-nama seperti Pak Anies dan yang lain Gak ada masalah," ujar Chico.

Namun demikian, Chico menegaskan bahwa PDIP tidak akan mengusung dua nama sekaligus, baik untuk calon gubernur maupun wakil gubernur.

"Jadi kita mengusung salah satu antara Cagub dan Cawagub. Itu yang penting," tegasnya.

BACA JUGA:PKS Usung Kader Internal Ketimbang Anies, Ini Kata Pengamat

Mengenai kemungkinan kerjasama dengan tokoh dari partai lain, Chico menyatakan bahwa PDIP akan meninjau semua opsi yang ada.

"Nah ini kita lihat ke depan. Jadi kalau kita kerjasama dengan PKB atau tokoh lain, itu semua masih dalam proses," ungkapnya.

Sebelumnya, DPP PKS menunjuk Wakil Ketua Majelis Syuro Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon Gubernur Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: