Petugas Bongkar Tenda Pengungsi, Camat Setiabudi Pastikan Keamanan Lingkungan

Petugas Bongkar Tenda Pengungsi, Camat Setiabudi Pastikan Keamanan Lingkungan

Petugas membongkar tenda-tenda yang didirikan oleh pengungsi dan pencari suaka WNA di Jalan Setiabudi Selatan, Jakarta Selatan-Fajar Ilman-

JAKARTA, DISWAY.ID - Petugas gabungan membongkar tenda-tenda yang didirikan oleh pengungsi dan pencari suaka WNA di Jalan Setiabudi Selatan, Jakarta Selatan. Sebanyak 15 WNA kini dipindahkan ke kantor Ditjen Imigrasi.

Tindakan ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan sekitar kantor UNHCR.

BACA JUGA:12 Tahun Tinggal di Indonesia, Pengungsi Pencari Suaka WNA Hanya Minta Keadilan

BACA JUGA:Minta Suaka ke UNHCR, Sejumlah Pengungsi WNA Dirikan Tenda di Jalan Setia Budi Jaksel

Menurut Camat Setiabudi, Iswahyudi, pos jaga akan didirikan di dekat kantor UNHCR untuk mencegah pengungsi kembali mendirikan tenda.

"Posko nanti setiap harinya 2 TNI 2 Polri 2 Pol PP berjaga, dari pagi sampai menjelang malam, sisanya kami patroli agar mereka tidak kembali lagi supaya lingkungan bersih dan nyaman," katanya kepada wartawan, Selasa 2 Juli 2024.

Ia juga menegaskan bahwa pihaknya tidak menghalangi pengungsi dan pencari suaka untuk datang dan menunggu di kantor UNHCR.

Namun, mereka dilarang untuk berkemah atau membangun lapak di belakang kantor tersebut.

"Kalau pun mereka kembali, mengurus dokumen masing-masing secara tertib seperti WNA yang lain, tidak bertempat tinggal di sini, apalagi sampai mondok," ucap Iswahyudi.

BACA JUGA:Tenda Pencari Suaka di Jaksel Ganggu Estetika, Heru Budi Koordinasi dengan UNHCR

BACA JUGA:WNA China Penipu 800 WNI di Abu Dhabi Ditangkap Bareskrim

Tindakan ini diambil sebagai langkah preventif untuk menjaga kenyamanan masyarakat sekitar dan memastikan proses administrasi pengungsi berjalan dengan baik sesuai prosedur yang ditetapkan.

Sebelumnya, para pencari suaka dari berbagai negara konflik sedang menempati emperan trotoar sekitar Gedung United Nations High Commisioner for Refugees (UNHCR).

Berdasarkan pantauan Disway.id, mereka mendirikan tenda-tenda kumuh di depan Gedung MD Enterntainment. Tepatnya Jl. Setia Budi Selatan No.7, RT.5/RW.1, Kuningan, Jakarta Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: