Merasakan Manfaat Program JKN, Presenter David Rizal Apresiasi Layanan BPJS Kesehatan

Merasakan Manfaat Program JKN, Presenter David Rizal Apresiasi Layanan BPJS Kesehatan

David Rizal merasakan manfaat program JKN.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah mencapai 272 juta jiwa per Mei 2024. 

Program telah diimplementasikan lebih dari 10 tahun itu, terus berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia.

Alhasil, peserta program JKN merasakan manfaat atau mendapat pelayanan kesehatan dalam program tersebut. 

BACA JUGA:BPJS Keliling ke Wilayah Pelosok Disambut Masyarakat, Dapat Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN

Di antaranya David Rizal, seorang presenter, jurnalis serta influencer di bidang olahraga.

Ia beserta keluarga merasakan manfaat langsung program JKN ini.

“Saya telah menjadi peserta JKN sejak awal BPJS Kesehatan ada. Kebetulan saya telah menjadi presenter dan jurnalis salah satu televisi swasta sejak 2012, maka saat peralihan dari Askes menjadi BPJS Kesehatan di tahun 2014 dan mewajibkan kepesertaan bagi seluruh masyarakat Indonesia, maka sejak waktu itu otomatis saya terdaftar menjadi peserta JKN dan sejak memutuskan resign dari tempat kerja yang lama pada akhir tahun lalu, saya menjadi peserta JKN pada segmen PBPU/Mandiri,” jelas David.

Menurut David, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa ia beserta keluarganya merasakan banyak keuntungan yang didapat selama menjadi peserta program JKN.

Ia menceritakan pengalaman orang tuanya dalam menjalani tindakan hemodialisa, yang biasa dikenal dengan cuci darah, selama kurang lebih 1.5 tahun yang ditanggung oleh program JKN dari BPJS Kesehatan. Tak hanya itu, adik dari David, juga memiliki pengalaman melahirkn juga dijamin oleh Program JKN.

“Pengalaman yang keluarga saya rasakan, terutama ayah yang harus menjalani cuci darah secara rutin. Sebagai masyarakat awam tentu saya sudah membayangkan besarnya biaya dari tindakan cuci darah, namun ternyata tindakan tersebut dijamin oleh BPJS Kesehatan. Tak hanya biaya tindakan, namun juga biaya rawat inap maupun rawat jalan juga telah ditanggung. Kami juga merasakan tidak ada sedikit pun perbedaan layanan yang diberikan oleh pihak fasilitas pelayanan kesehatan, baik untuk kami peserta program JKN maupun pasien dari jalur umum,” jelas David pada Senin 24 Juni 2024.

BACA JUGA:Cuma Pakai BPJS Kesehatan, Begini Cara Periksa Mata dan Klaim Kacamata Gratis!

Berdasarkan informasi yang disadur dari laman online, cuci darah atau hemodialisis adalah prosedur medis yang digunakan untuk menyaring limbah dan cairan berlebih dari darah, mirip dengan fungsi alami ginjal. Prosedur ini berfungsi sebagai pengganti ginjal yang telah rusak.

Hemodialisis diperlukan bagi pasien dengan penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal.

Selain itu, dokter akan merekomendasikan hemodialisis jika hasil tes laboratorium menunjukkan bahwa pasien memerlukannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: