Gus Baha Ungkap Fakta Sejarah Kemerdekaan Indonesia, Ternyata Para Kyai Sudah Memperkirakan

Gus Baha Ungkap Fakta Sejarah Kemerdekaan Indonesia, Ternyata Para Kyai Sudah Memperkirakan

Gus Baha Ungkap Fakta Sejarah Kemerdekaan Indonesia, Ternyata Ulama Sudah Memperkirakan-Sing Penting Ngaji-Facebook

JAKARTA, DISWAY.ID - K.H. Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha membahas tentang bagaimana proses kemerdekaan Indonesia dari perspektif ulama.

Menurut Gus Baha, para ulama sebenarnya telah lama tahu bahwa kemerdekaan Indonesia akan tercapai pasca bangsa penjajah dikalahkan oleh negara lain.

Hal tersebut diungkap Gus Baha dalam sebuah video yang diunggah di kanal YouTube NUN Channel pada Sabtu, 12 Agustus 2023.

"Dulu para Kyai sudah memprediksi bahwa untuk Indonesia merdeka, penjajah harus dikalahkan oleh pihak lain," ujar Gus Baha.

BACA JUGA:Ciri-ciri Haji Mabrur Versi Gus Baha, Terpenting Ingat 'Kuncinya'

Gus Baha menyamakan hal tersebut dengan peristiwa sejarah saat Persia dikalahkan oleh Romawi.

"Pada masa itu, umat Islam tidak mampu mengalahkan Persia, yang berhasil melakukannya adalah Romawi. Namun, umat Islam ikut bersukacita atas kemenangan tersebut," imbuh Gus Baha.

Gus Baha menggambarkan kemerdekaan Indonesia dengan merujuk pada pertempuran besar antara Kerajaan Romawi dan Kerajaan Persia.

"Diketahui bahwa Romawi adalah orang Nasrani yang beriman kepada Allah, Tuhan, dan Kitab Suci. Sedangkan Persia adalah musuh yang tidak berkeyakinan dan tidak berasaskan Kitab Suci," jelas Gus Baha. Menurut Gus Baha, ketika Romawi kalah dari Persia, umat Islam turut mengalami kesulitan. "Mereka terus-menerus dilecehkan oleh kafir Makkah yang tidak berpegang pada Kitab Suci," tambah Gus Baha.

BACA JUGA:Emang Boleh Kurban Idul Adha Cuma Potong Ayam? Gus Baha: Alasan Imam Qurtubi Masuk Akal

Terkait dengan kekalahan Romawi, Gus Baha mempertegas bahwa orang-orang yang terkait dengan langit menjadi bahan ejekan.

"Jadi, kekalahan Romawi dianggap sebagai simbol kekalahan bagi mereka yang memiliki hubungan dengan langit," lanjut Gus Baha. Hal ini membuat kondisi umat Islam semakin sulit.

"Hingga Abu Bakar bertanya, kapan orang Romawi akan menang?" kata Gus Baha, mengingat pertanyaan Sahabat Abu Bakar kepada Rasulullah.

"Akhirnya Allah menurunkan ayat Surah Ar Rum yang menceritakan kekalahan dan kemenangan kembali bangsa Romawi," ujar Gus Baha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: