Istana Garuda di IKN Dianggap Mistis, Begini Tanggapan Desainer Nyoman Nuarta

Istana Garuda di IKN Dianggap Mistis, Begini Tanggapan Desainer Nyoman Nuarta

Desainer atau perancang Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN), Nyoman Nuarta angkat bicara soal kritik Istana Presiden yang dianggap bernuansa mistis.-dok disway-

JAKARTA, DISWAY.ID - Desainer atau perancang Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN), Nyoman Nuarta angkat bicara soal kritik Istana Presiden yang dianggap bernuansa mistis.

Ia pun mengatakan penilaian bahwa Istana Garuda mistis merupakan persepsi tiap individu.

Nyoman Nuarta menjelaskan jika desain tersebut dibuat agar Istana berwibawa.

BACA JUGA:Pemprov DKI Gelar JITEX 2024, Dorong Produk Unggulan UMKM ke Pasar Lokal dan Internasional

BACA JUGA:Eks Wakapolri Oegroseno Yakini Iptu Rudiana Punya Kekuatan yang Hebat di Polresta Cirebon: Dia Otak Cerita Kasus Kematian Vina

"Jadi, kalau itu menjadi aura mistis dan segala macam, itu terserah masing-masing lah. Tapi kita membuat itu tentu Istana itu agar berwibawa, kita butuh butuh wibawa itu," kata Nyoman pada Minggu, 11 Agustus 2024.

Dia juga menjelaskan warna yang terlihat atau nampak gelap dari Istana itu. Dari depan merupakan kuningan yang akan berubah warna menjadi hijau, hal itu tergantung alamnya.

"Kelembapan alam kita itu dia secara pelan-pelan dia oksidasi berubah ke biru-biru toska," jelasnya.

Kemudian, lanjut Nyoman, rangka di belakang dari perforated.

BACA JUGA:Koneksi Internet Stabil Jadi Faktor Kunci Kesuksesan Bisnis di Era Digital

BACA JUGA: Informasi Signifikan Kasus Diduga Video Syur Audrey Davis Dikantongi Dirkrimsus PMJ

Perforated merupakan plat bolong-bolong dari bahan baja tahan cuaca. Ia menegaskan warna itu mampu tahan hingga ratusan tahun lamanya.

"Nah itu pertama dia kemerahan tadi, tergantung cuaca begitu, kena hujan, kemudian dia lama-lama tambah gelap. Dan itu sudah terbukti ratusan tahun umurnya," papar Nyoman.

Dia mencontohkan, misalnya jembatan-jembatan di Amerika, terutama yang di New York. Sering kali memiliki warna yang serupa dengan yang digunakan terhadap warga Istana Garuda IKN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: