Implementasi Platform OCA, Telkom Jadikan CRM Perusahaan di Indonesia Lebih Optimal

Implementasi Platform OCA, Telkom Jadikan CRM Perusahaan di Indonesia Lebih Optimal

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menghadirkan platform omnichannel bernama Omni Communication Assistant (OCA).-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Guna membantu perusahaan di Indonesia menerapkan strategi Customer  Relationship Management (CRM), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menghadirkan platform  omnichannel bernama Omni Communication Assistant (OCA).

Platform unggulan di bawah Leap Telkom ini dapat melakukan pelacakan interaksi pelanggan dan mengumpulkan data serta informasi relevan.

OCA juga dapat melacak interaksi antara perusahaan dengan pelanggan melalui panggilan suara, pesan teks, maupun panggilan video.

BACA JUGA:Telkom Bantu Maksimalkan Sistem Keamanan dalam Satu Aplikasi

Informasi ini bisa langsung dimanfaatkan untuk memahami preferensi dan kebutuhan pelanggan, sehingga perusahaan dapat memberi layanan yang lebih personal dan relevan. 

“Melalui OCA, Telkom berupaya membantu perusahaan di Indonesia untuk lebih memahami pelanggan  mereka sesuai kebutuhan. Kedekatan personal dan relevan dapat membantu perusahaan  mempertahankan pelanggan yang ada dan menarik pelanggan baru. Dengan memanfaatkan OCA, strategi CRM yang dijalankan perusahaan bisa semakin optimal,” kata EVP Digital and Business Telkom Komang Budi Aryasa. 

Lebih lanjut, OCA juga dapat mengintegrasikan data pelanggan ke dalam sistem CRM perusahaan untuk  melakukan analisis lanjutan dengan menganalisis pola-pola dalam interaksi pelanggan dan data lainnya. 

Analisis ini juga membuat perusahaan mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang perilaku  pelanggan dan memperbaiki strategi pelayanan mereka. OCA juga memudahkan penjadwalan pertemuan atau tugas dengan pelanggan.

BACA JUGA:Telkom Resmikan IndigoSpace Bali, Akselerasi Pertumbuhan Startup di Pulau Dewata

Dengan integrasi ke dalam sistem CRM, perusahaan dapat secara otomatis  melakukan sinkronisasi jadwal pertemuan dengan informasi kontak pelanggan dan mengirim pengingat sebelum pertemuan. 

OCA juga dapat digunakan sebagai saluran komunikasi untuk penanganan keluhan dan permintaan  pelanggan. Melalui pesan instan atau panggilan suara, pelanggan dengan mudah menghubungi  perusahaan untuk mengemukakan masalah atau permintaan mereka.

Sistem CRM pun dapat digunakan  untuk melacak dan menanggapi keluhan ini dengan tepat dan efisien. 

PT IPC Terminal Petikemas (IPC TPK) sebagai operator terminal yang memberikan pelayanan petikemas  dengan sistem jaringan terintegrasi antara pelabuhan, telah merasakan manfaat yang diberikan oleh OCA. 

Dengan menggunakan platform OCA, IPC TPK mampu menciptakan sistem komunikasi yang dapat  menangani keluhan pelanggan mereka dengan lebih cepat, termasuk membuat sistem laporan yang  memudahkan tim customer service perusahaan dalam melakukan analisis tren keluhan yang dialami pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: