Sakiti Istri, Suami Jadi Pelaku Kekerasan Terbanyak di Dalam Rumah Tangga

Sakiti Istri, Suami Jadi Pelaku Kekerasan Terbanyak di Dalam Rumah Tangga

ilustrasi kdrt--freepik

JAKARTA, DISWAY.ID – Suami semestinya menjadi kepala rumah tangga yang melindungi keluarganya.

Namun nyatanya, laporan mengenai kasus kekerasan yang dialami perempuan semakin meningkat.

Hal ini didasarkan dari data gabungan tiga lembaga, yakni Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), Komisi Nasional (Komnas) Perempuan, dan Forum Pengada Layanan (FPL).

BACA JUGA:Tak Ada Kekerasan Pada Mayat Pria yang Ditemukan di Pasar PSPT Tebet

Ketiga lembaga tersebut membuka layanan pengaduan dan bantuan terhadap perempuan melalui masing-masing platform, yakni Simfoni PPA (KemenPPPA), Titian Perempuan (FPL), dan Sintas Puan (Komnas Perempuan).

Komisioner Komnas Perempuan Bahrul Fuad mengungkapkan bahwa pelaku kekerasan paling tinggi adalah suami.

BACA JUGA:Peringati Hari Anak Nasional (HAN) 2024, IDAI Soroti Isu Imunisasi dan Kekerasan Siber

"Di tahun 2023, status perkawinan pelaku kekerasan tertinggi adalah status kawin sebanyak 38,47%. Ini memang dikaitkan dengan situasi atau budaya patriarki yang masih sangat kuat di dalam masyarakat kita," kata Cak Fu.

Oleh karena itu, lanjutnya, data keseluruhan ketiga lembaga menunjukkan, ranah domestik atau rumah tangga menjadi yang paling tinggi jumlah kasus kekerasannya.

"Pelaku kekerasan tertinggi yaitu suami, di mana pelaku merupakan orang terdekat dari korban," ungkapnya.

BACA JUGA:Sosok Meita Irianty Bos Daycare di Depok Diduga Lakukan Kekerasan Pada Balita, Ternyata Influencer Parenting, Kok Bisa Gitu?

Secara rinci, Simfoni PPA mencatat pelaku kekerasan seorang suami atau istri sebanyak 4.668 diikuti dengan teman atau pacar sebanyak 3.807.

Sementara SintasPuan mengungkapkan pelaku kekerasan tertinggi, yakni sebanyak 674 pelaku adalah suami dan 618 adalah mantan pacar.

Begitu pula dengan Titian Perempuan yang mencatat pelaku kekerasan tertinggi adalah suami sebanyak 93 orang dan 53 adalah pacar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: