Heboh Data Warga Dicatut untuk Dukungan Dharma-Kun, KPU DKI Jakarta: Validasi Dilakukan Sesuai Undang-undang

Heboh Data Warga Dicatut untuk Dukungan Dharma-Kun, KPU DKI Jakarta: Validasi Dilakukan Sesuai Undang-undang

Ketua Divisi Teknis Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya Bersama Ketua KPU DKI Jakarta, Wahyu Dinata -Disway.id/Fajar Ilman-

JAKARTA, DISWAY.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta mengumumkan bahwa mereka tidak akan melakukan penjemputan bola dalam menangani kasus dugaan pencatutan data warga yang diklaim digunakan untuk mendukung pasangan calon Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto.

Ketua Divisi Teknis Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya, mengaku hal itu berdasarkan atas mematuhi peraturan perundang-undangan yang ada.

BACA JUGA:KPU DKI Jakarta Tanggapi Keluhan Warganet soal Data Dukungan Paslon Independen

BACA JUGA:Warganet Protes, Terkait Pencatutan Data untuk Dukungan Pasangan Dharma-Kun di Pilkada Jakarta 2024

"Ya undang-undangnya kan tidak memerintahkan seperti itu (jemput bola data warga yang merasa datanya dicatut). Jadi kami mengikuti peraturan perundang-undangan saja," kata Dody Wijaya ketika ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat 16 Agustus 2024.

Dody menegaskan bahwa KPU DKI Jakarta hanya bertindak sebagai pengguna data dalam kasus ini.

"Terkait sumber data atau KTP, tentu kami sebagai end user. Jadi KPU ini end user. Soal sumber data KTP dan sebagainya, bisa ditanyakan ke bakal paslon, sumbernya dari mana, bagaimana cara mengumpulkan. Itu di luar dari kewenangan atau jangkauan kami," paparnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa KPU hanya melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

Meskipun demikian, Dody mengungkapkan bahwa KPU DKI Jakarta tetap membuka diri bagi warga yang merasa menjadi korban pencatutan data untuk melapor.

"Kami sekarang menunggu saja dari teman-teman Bawaslu. Kalau ada rekomendasi-rekomendasi kami akan tindaklanjuti," tandasnya.

BACA JUGA:Waduh! NIK KTP 2 Anak Anies Baswedan Dicatut Dukung Dharma Pongrekun

BACA JUGA:Dharma Pongrekun-Kun Wardana Lanjut sebagai Calon Independen Pilkada Jakarta 2024

Sebelumnya, media sosial saat ini ramai dengan keluhan dari warganet yang mengaku datanya dicatut sebagai pendukung pasangan independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana dalam Pilkada Jakarta 2024.

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, turut menyuarakan keluhannya melalui akun X miliknya pada Jumat pagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: