Perkuat Potensi SAR di Seluruh Indonesia, Basarnas Gelar FKP3 Tingkat Pusat di Jakarta

Perkuat Potensi SAR di Seluruh Indonesia, Basarnas Gelar FKP3 Tingkat Pusat di Jakarta

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsdya TNI Kusworo membuka rapat Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) tingkat pusat di Orchadz Hotel Industri, Kemayoran, Jakarta, Senin 26 Agustus 2024.-Disway.id/Fandi Permana-

BACA JUGA:Tandatangani MoU, Basarnas dan Kemensos Lanjutkan Kerja Sama Operasi Pencarian dan Pertolongan 5 Tahun ke Depan

Setelah seremoni tersebut, masuk pada esensi FKP3 tingkat pusat yang diisi dengan diskusi panel. Panel I menghadirkan 3 pembicara, masing-masing Dr. Ir. Dody Ruswandi dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPB); Komjen Pol. (Purn) Drs. Budi Waseso, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka; serta Laksda TNI Eko Ribut Suyitno, Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas.

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel yang dipandu presenter Gita Fita Prilila itu dilanjutkan dengan panel II dengan menghadirkan pembicara, masing-masing Marsdya TNI Fachrizet, Deputi Bidang Sarana Prasarana dan Sistem Komunikasi Basarnas; Marsma TNI Fajar Adrianto, Aspot Dirga Koopsudnas; Dr Ir Hendra Gunawan, Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara Kementerian ESDM; dan Dr Albertus Sulaiman, S.Si., M.Si., Kepala Pusat Riset Iklim dan  Atmosfer, Organisasi Riset Maritim dan Kebumian BRIN. 

Acara FKP3 Tingkat Pusat merupakan tindak lanjut Undang-undang nomor 28 tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan mengamanahkan Basarnas sebagai leading sector bidang SAR di tanah air.

Selain melaksanakan operasi SAR, Basarnas memiliki tugas melaksanakan pembinaan kepada Potensi Pencarian dan Pertolongan (SAR) baik di pusat maupun di daerah. Salah satunya dengan menyelenggarakan rapat forum koordinasi bersama Potensi SAR di tingkat pusat.

BACA JUGA:Tingkatkan Penguatan SDM dan Personel, Basarnas Gelar Rakernis Operasi Pencarian dan Pertolongan Nasional Tahun 2024

Forum tersebut sebagai media untuk komunikasi dan koordinasi antara Basarnas dengan seluruh stakeholder yang terangkum dalam Potensi SAR.

Potensi SAR adalah sumber daya manusia, sarana prasarana, informasi dan teknologi, serta hewan, selain yang dimiliki basarnas yang dapat dikerahkan untuk mendukung penyelenggaraan SAR. Potensi SAR terdiri dari kementerian, lembaga, TNI, Polri, badan usaha, organisasi kemasyarakatan, akademisi, hingga media massa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: