Pertama di Asia Tenggara! Ahli Urologi Indonesia Berhasil Operasi Jarak Jauh Jakarta-Bali dengan Telerobotik

Pertama di Asia Tenggara! Ahli Urologi Indonesia Berhasil Operasi Jarak Jauh Jakarta-Bali dengan Telerobotik

Ahli urologi di bidang urologi berhasil melaksanakan operasi pengangkatan kista di area ginjal dengan menggunakan teknologi telerobotic surgery-Dok. Kemenkes RI-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Ahli urologi di bidang urologi berhasil melaksanakan operasi pengangkatan kista di area ginjal dengan menggunakan teknologi telerobotic surgery.

Teknologi ini memungkinkan dokter untuk melakukan tindakan operasi dari jarak jauh.

BACA JUGA:Gunakan Teknologi Paling Canggih, Efisien dan Ramah Lingkungan, PLN Operasikan PLTGU Tambak Lorok 779 MW

BACA JUGA:Ini Penyebab Usia Muda Tapi Sudah Pikun, Spesialis Neurologi Unair: Jaga Kesehatan Otak

Di mana, Prof. dr. Ponco Birowo, SpU(K-Andro), PhD memimpin operasi pada pasien di RSUP Ciptomangunkusumo. Sedangkan ia mengoperasikan alat telerobotika yang terhubung dengan internet dari RS Ngoerah Bali.

Selain dr Ponco, operasi juga dilakukan oleh para ahli lain, di antaranya Prof. dr. Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid, SpU(K-Onk), FICRS, PhD; Prof. dr. Chaidir A. Mochtar, SpU(K-Onk), Ph.D; Prof. Dr. dr. Gede Wirya Kusuma Duarsa, M.Kes, MARS, SpU(K-Ped), FICS; Komite Urogical Association of Asia (UAA) 2024 dr. I Wayan Yudiana, Sp.U(K-Onk); dan Komite UAA 2024 dr. Fakhri Rahman, SpU(K), FICS; didukung juga oleh dokter anestesi yaitu dr. Raihanita Zahra, SpAn-TI, Subsp.An.Ped.(K) dan dr. R Besthadi Sukmono, SpAn-TI, Subsp.An.R(K).

Operasi telerobotika jarak jauh ini menjadi yang pertama dilakukan di Asia Tenggara.

Tak ayal, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi inovasi ini.

"Profesor Ponco tadi operasi, saya sudah lihat di dalam, bisa tuh, operasi kista. Jadi saya kagum juga. Dan bisa buat operasi bedah saluran cerna, bedah urologi, bedah saraf, hingga obstetric juga bisa," kata Budi di RSCM Kencana Jakarta, 30 Agustus 2024.

BACA JUGA:Parto Patrio Kena Batu Ginjal Gegara Punya Riwayat Asam Urat, Begini Penjelasan Spesialis Urologi

Ia mengungkapkan targetnya untuk menyediakan empat alat telerobotik ini di empat rumah sakit vertikal, mulai dari RSCM, RS Hasan Sadikin, RS Ngoerah, hingga RSUD Margono.

Ia pun berharap operasi menggunakan telerobotik ini dapat diterapkan di lebih banyak lagi tempat.

"Saya inginnya kalau bisa robotic surgery ini bisa digunakan lebih banyak lagi di rumah sakit rumah sakit. Saya mulainya di vertikal dulu lah," tuturnya.

Selain itu, teknologi yang maju ini diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk berobat ke luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: