Tes Mpox Pakai Metode PCR seperti Covid-19, Seberapa Akurat?

Tes Mpox Pakai Metode PCR seperti Covid-19, Seberapa Akurat?

Virus Monkeypox Jadi Ancaman Dunia, WHO Sebut Cacar Monyet Berstatus 'Darurat Kesehatan Global'---Freepik

"Semua dikirim ke lab rujukan, jadi tidak ada kelangkaan," tuturnya.

BACA JUGA:Respons OJK Soal Perpanjangan Kebijakan Restrukturisasi Kredit Covid-19: Akan Kami Pelajari

Senada, peneliti Pusat Riset Biomedis Organisasi Riset Kesehatan BRIN Dr drh Khariri, M.Biomed menerangkan bahwa metode PCR untuk mpox memiliki tingkat sensitivitas dan spesifisitas yang sangat tinggi.

"PCR untuk MPox dapat mendeteksi virus bahkan dalam jumlah yang sangat kecil, sehingga sensitivitasnya sangat tinggi," kepada Disway, 2 September 2024.

Kemudian, metode PCR untuk mpox ini juga mampu mengidentifikasi urutan genetik spesifik dari virus mpox.

BACA JUGA:Jokowi Minta Restrukturisasi Covid-19 Diperpanjang, Airlangga Hartarto: Mengurangi Beban Perbankan

Namun, lanjut Ari, keakuratan pemeriksaan dengan metode PCR sangat bergantung pada beberapa faktor, seperti kualitas pengambilan sampel, kondisi penyimpanan, dan fase infeksi. 

"Biasanya, swab diambil dari lesi kulit, cairan vesikel atau pustula, atau dari saluran pernapasan, tergantung pada gejala pasien," tuturnya.

Ari juga menjelaskan bahwa metode PCR ini tidak hanya digunakan untuk mengetahui penularan virus Covid-19 dan mpox saja.

"PCR digunakan secara luas untuk mendiagnosis berbagai infeksi virus dan bakteri karena kemampuannya mendeteksi materi genetik patogen dengan tingkat sensitivitas dan spesifisitas yang tinggi," ungkapnya.

Metode ini adalah standar emas untuk deteksi dini banyak penyakit, memungkinkan intervensi cepat, dan pengelolaan yang lebih efektif dari infeksi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: