Heboh Peter Gontha Kritik Naturalisasi Pemain Timnas Indonesia, Imigrasi: Sudah Sesuai Prosedur dan Ada Keppres-nya!

Heboh Peter Gontha Kritik Naturalisasi Pemain Timnas Indonesia, Imigrasi: Sudah Sesuai Prosedur dan Ada Keppres-nya!

Ditjen Imigrasi memastikan seluruh pemain Timnas Indonesia yang dinaturalisasi telah jalani proses pewarganegaraan sesuai prosedur dan ada keppres-nya-Disway.id/Fandi Permana-

JAKARTA, DISWAY.ID - Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM merespons kritik mantan Dubes Indonesia untuk Polandia atas polemik naturalisasi pemain Timnas Indonesia

Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, menyebut seluruh pemain keturunan dan diaspora telah menjalani prosedur naturalisasi. 

BACA JUGA:Mantan Dubes Indonesia untuk Polandia Kritik Naturalisasi Pemain Timnas Indonesia: Shortcut untuk Raih Prestasi

BACA JUGA:Politikus NasDem Peter Gontha Ngaku Malu Timnas Indonesia Dihuni Pemain Naturalisasi: Saya Marah karena Diejek

Kepada Disway.id, Silmy memastikan tak ada prosedur yang dilanggar dalam menaturalisasikan para pemain hingga menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). 

"Mereka (Pemain Naturalisasi) mendapatkan paspor tentunya sudah melalui proses yang sesuai dengan aturan yang berlaku," kata Silmy kepada Disway.id, Jumat 13 September 2024. 

Silmy menegaskan, proses pewarganegaraan para pemain keturunan itu dipastikan sesuai aturan dan prosedur di Ditjen Imigrasi

Ia memastikan, tahap demi tahap hingga proses naturalisasi dilakukan, para pemain berdarah keturunan telah mendapat kepastian hukum dari pemerintah. 

"Seluruh pentahapan sudah diikuti secara prosedur. Artinya dalam prosesnya juga sesuai undang-undang, bahkan ada Keppres-nya," tegas Silmy. 

BACA JUGA:Kegundahan Peter Gontha atas Timnas Indonesia: Tidak Membohongi Diri Kita dengan Persepakbolaan yang Palsu

Sebelumnya, polemik naturalisasi disinggung oleh Peter Gontha di laman Instagramnya, Rabu 11 September 2024. Peter menuliskan opininya soal program naturalisasi yang tak lebih dari mengambil Shortcut atau jalan pintas.

Dalam postinganya, ia mengaku ingin menjaga harkat martabat bangsa dengan menuangkan opininya soal Naturalisasi yang gencar dilakukan PSSI. 

"Saya sungguh Galau, saya akan posting status yang akan membuat follower saya marah, tapi tidak apa saya ambil risiko ini, karena saya mau menjaga martabat bangsa saya," kata Peter Gontha di Instagram, Jumat 13 September 2024. 

Adapun opininya sebagai berikut;

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: