Ingatkan Pansel Dalam Memilih 10 Capim, Eks Penyidik KPK: Jangan yang Bermasalah

Ingatkan Pansel Dalam Memilih 10 Capim, Eks Penyidik KPK: Jangan yang Bermasalah

Ingatkan Pansel Dalam Memilih 10 Capim, Eks Penyidik KPK: Jangan yang Bermasalah-disway.id/Ayu Novita-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Mantan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Yudi Purnomo Harahap menyatakan bahwa seiring dengan akan berakhirnya seleksi capim KPK, nama-nama sudah mengerecut menjadi 20 nama. 

Kemudian disaring lagi melalui tes kesehatan dan wawancara pada pertengahan september nanti sehingga menjadi 10 nama yang nantinya akan dikirim ke DPR, maka bisa dipastikan 5 dari 20 orang ini akan menjadi pimpinan KPK. 

"Pansel harus benar benar memperhatikan rekam jejak sebelum menuntaskan tugas mereka memilih 10 nama capim KPK,"ujar Yudi kepada wartawan pada Sabtu, 14 September 2024. 

BACA JUGA:Sandiaga Uno Dapat Arahan Khusus dari Presiden Jokowi untuk Sektor Parekraf, Apakah Gerangan?

BACA JUGA:ADR Korban Tewas Perkelahian di Bekasi Dikenal Sering Bantu Orang: Dia Ikhlas Gitu

Untuk itu, Yudi mengimbau pansel untuk bersikap independen dan benar benar melihat masukan dari masyarakat ataupun instansi lainnya. 

"Memilih 10 capim yang mempunyai masalah ataupun rekam jejaknya meragukan maka yang terjadi adalah bencana dalam pemberantasan korupsi,"tegasnya. 

"KPK sudah diperlemah dan kinerjanya sudah menurun. Jika yang memimpin adalah orang bermasalah maka tidak bisa terbayangkan jangan berprestasi memberantas korupsi justru malah akan banyak berbuat kontroversi seperti pimpinan periode ini,"lanjutnya 

Bagi mantan penyidik yang telah menangani kasus kasus besar ini seperti Bank Century dan Proyek EKTP, tidak mungkin kasus besar bisa ditangani oleh pimpinan KPK yang bermasalah dan tidak independen sebab mereka akan dipegang ekornya karena mempunyai masalah atau dengan kata lain akan tersandera. 

BACA JUGA:Kasus Perundungan di Binus School Simprug, Polisi Pertimbangkan Selesaikan dengan Restorative Justice

BACA JUGA:Kuasa Hukum Ungkap Pelaku Dugaan Pembulian di Binus Simprug: Ada Anak Pejabat hingga Ketua Partai!

Terakhir, Yudi menegaskan mau tidak mau suka tidak suka harapan pemberantasan korupsi di 20 orang ini, siappun dia bahkan nantinya dari 10 nama yang ke DPR, 5 yang tidak terpilih akan menjadi cadangan pengganti. 

"Pansel harus paham betul tugas mereka memilih 10 capim yang akan berperan dalam 5 tahun pemberantasan korupsi ke depan,"pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: