Berhasil Bebaskan Pilot Susi Air, Satgas Damai Cartenz Terima Penghargaan dari Kepolisian Selandia Baru

Berhasil Bebaskan Pilot Susi Air, Satgas Damai Cartenz Terima Penghargaan dari Kepolisian Selandia Baru

Kepolisian Selandia Baru mengapresiasi Polri melalui Satgas Damai Cartenz atas keberhasilan dalam upaya pembebasan pilot Philip Mark Mehrtens.-dok disway-

JAKARTA, DISWAY.ID - Kepolisian Selandia Baru mengapresiasi Polri melalui Satgas Damai Cartenz atas keberhasilan dalam upaya pembebasan pilot Philip Mark Mehrtens.

"Kami menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia, termasuk melalui Satgas Ops Damai Cartenz-2024 dan Gabungan TNI-Polri, yang berhasil mengembalikan Pilot Philip Mark Mehrtens kembali dengan selamat ke keluarganya," ujar Inspektur Senior Paul Borrell kepada wartawan, Selasa, 24 September 2024.

Dalam kesempatan yang sama, Ka Ops Damai Cartenz Brigjen Faizal menjelaskan jika pembebasan dilakukan melalui pendekatan lunak (soft approach).

BACA JUGA:Cek Passing Grade Tes SKD CPNS 2024, Peserta Wajib Tahu!

BACA JUGA:Nawawi Pomolango Singgung Gratifikasi Kaesang Pangarep Lewat 'Pesan Tak Bijak'

Faizal Ramadhani menyampaikan bahwa pendekatan ini dipilih karena masyarakat Papua sangat menjunjung tinggi nilai adat dan kekerabatan.

Hal ini menjadi kunci dalam proses pembebasan, dimana hubungan relasi kekerabatan dalam KKB diidentifikasi terlebih dahulu.

"Pendekatan lunak penting dilakukan untuk meminimalisir korban jiwa, baik dari pihak aparat, masyarakat sipil, maupun untuk menjaga keselamatan Pilot Philip Mark Mehrtens," ujar Brigjen Faizal.

BACA JUGA:Harry Kane Jadi Pemain Inggris Terbanyak Cetak Gol di Liga Jerman dan Champions

BACA JUGA:PO Sinar Jaya Buka Trayek Baru Padang-Jakarta-Malang, Busmania: Segala Penjuru Dilahap

Sementara itu, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz-2024, Kombes Bayu Suseno, menambahkan bahwa apresiasi dari Kepolisian Selandia Baru ini merupakan bukti dari keberhasilan Operasi Damai Cartenz-2024 dalam menangani situasi krisis dengan hasil yang memuaskan.

“Tentu saja apresiasi ini merupakan keberhasilan dari Operasi Damai Cartenz-2024 yang berhasil membebaskan Pilot Philip Mark Mehrtens dengan selamat," kata Bayu Suseno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait