Kaesang Tunggu Keputusan KPK soal Hasil Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi

Kaesang Tunggu Keputusan KPK soal Hasil Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi

Kaesang tunggu keputusan KPK soal gratifikasi pesawat jet--Istimewa

Ketua Sementara KPK Nawawi Pomolango menyebut belum menera hasil klarifikasi Kaesang.

"Saya belum menerima soal (berkas klarifikasi) itu," ujar Nawawi kepada wartawan di Hotel Royal Kuningan, Jakarta pada Selasa, 24 September 2024.

Ia justru menyerahkan kesempatan bicara kepada Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan.

BACA JUGA:Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Dicecer Peserta di Acara Lemhanas: Mending Jelaskan Bagaimana Bisa Lolos dari Kasus Bapak!

"Gaada perintah Pak Pahala untuk pimpinan untuk mengumumkan apa yang dia kerjakan," ujar Nawawi.

Adapun, sebelumnya Pahala menyebut dirinya sudah melaporkan hasil analisis dari klarifikasi yang disampaikan Kaesang kepada pimpinan KPK. Menurut Pahala, hasil analisis tersebut akan diumumkan oleh pimpinan KPK.

"Sudah selesai analisanya. Sudah dikirimkan ke pimpinan untuk diputuskan dan diumumkan," kata Pahala kepada wartawan pada Senin, 23 September 2024.

Di sisi lain, Kaesang mengklaim dirinya hadir ke KPK atas inisiatif sendiri untuk melakukan klarifikasi terkait dugaan gratifikasi pada penggunaan jet pribadi.

"Jadi hari ini, kedatangan saya ke KPK, sebagai warga negara yang baik. Saya bukan penyelenggara negara, saya bukan pejabat," kata Kaesang di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Selasa, 17 September 2024.

BACA JUGA:Penggeledahan Rumah di Samarinda Diungkap KPK: Penyidikan Baru

"Saya datang ke sini bukan karena undangan, bukan karena panggilan, tapi inisiatif saya sendiri," tambah dia.

Menurut Kaesang, hal yang diklarifikasi kepada KPK hari ini berkaitan dengan perjalanannya menggunakan jet pribadi belum lama ini.

Juru Bicara Kaesang, Francine Widjojo menyebut putra bungsu Presiden Joko Widodo itu awalnya berencana naik pesawat komersial ke Amerika Serikat.

“Rencana pakai pesawat komersial. Kebetulan ada temannya yang juga berangkatnya searah di tanggal 18 Agustus. Makanya dia bareng lah mau nebeng," kata Francine.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: