Ridwan Kamil Ingin Hadirkan Proyek Transportasi Air, Solusi Nyata atau Hanya Utopia?

Ridwan Kamil Ingin Hadirkan Proyek Transportasi Air, Solusi Nyata atau Hanya Utopia?

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), berencana menghadirkan moda transportasi air di ibu kota sebagai solusi untuk mengurangi kemacetan-Dok. Tim Ridwan-Suswono-

JAKARTA, DISWAY.ID - Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), berencana menghadirkan moda transportasi air di ibu kota sebagai solusi untuk mengurangi kemacetan. 

Juru Bicara RIDO, Bernardus Djonoputro, mengklaim bahwa beberapa sungai, seperti Banjir Kanal Timur (BKT) dan Banjir Kanal Barat (BKB), memiliki potensi besar untuk dijadikan jalur transportasi. 

BACA JUGA:Ini Keuntungan Kartu Kamu Jika Ridwan Kamil Jadi Gubernur Jakarta

BACA JUGA:Alasan Ridwan Kamil Rencanakan Co-Working Space Gratis untuk Gen Z

"Contohnya, Banjir Kanal Timur (BKT), saluran buatan dengan lebar antara 100-300 meter, tergantung lokasinya," katanya dalam konfirmasinya, Selasa, 8 Oktober 2024.

Selain itu, Bernie menambahkan bahwa transportasi air dapat memperbaiki kondisi sungai. Pasalnya sungai di Jakarta yang jauh dari kata bersih dan banyaknya sampah.

"Kehadiran transportasi air ini akan membuat sungai menjadi lebih terpelihara dan lebih bagus," ucapnya. 

Dia menambahkan, RIDO juga sedang melakukan kajian mendalam untuk mengatasi tantangan seperti sampah dan perubahan debit air. 

BACA JUGA:Ridwan Kamil Soal Penampilannya di Debat Perdana Cagub: Saya Serahkan ke Pemirsa

BACA JUGA:Debat Pilkada Jakarta Pramono Anung Vs Ridwan Kamil: Solusi Kreatif untuk Generasi Z

Sebagai langkah lebih lanjut, RIDO akan menyiapkan Ruang Sungai (Room For River) untuk mengembalikan sungai ke kondisi alami. 

"Dengan begitu, sangat dimungkinkan bagi warga sekitar bisa healing di tepian sungai karena memiliki ruang sungai yang indah, dipenuhi rindangnya pepohonan, dan memiliki air yang jernih," tutupnya.Cagub Nomor Urut Satu, Ridwan Kamil Saat Susuri Kali Ciliwung Condet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: