Setiap 10 Oktober, Dunia Memperingati Hari Apa?

Setiap 10 Oktober, Dunia Memperingati Hari Apa?

Setiap 10 Oktober, Dunia Memperingati Hari Apa?---Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Setiap tanggal 10 Oktober di Indonesia maupun dunia memperingati hari apa saja? Adakah yang istimewa di tanggal 10 Oktober 2024 kali ini, terkait dengan kegiatan atau acara khusus yang diperingati setiap tanggal itu?.

Ternyata di Indonesia sendiri pada tanggal 10 Oktober tidak ada peringatan acara khusus, baik skala kecil maupun besar.

Akan tetapi ada beberapa peringatan dunia yang berkaitan dengan setiap memasuki tanggal 10 Oktober. Mulai dari Hari Kesehatan Mental Dunia sampai Hari Kesadaran Kecelakaan Lalu Lintas Hewan Sedunia.

Bahkan ada juga peringatan tentang Hari Dekorasi Kue Nasional, Hari Manajemen Panggung Internasional, dan Hari Kemerdekaan Kuba.

BACA JUGA:Update Prakiraan Cuaca Hari Ini di DKI Jakarta Pada Kamis, 10 Oktober 2024: Hujan Sore ke Malam?

Melansir dari laman nationaltoday, berikut sejumlah peringatan yang jatuh setiap tanggal 10 Oktober di dunia:

1. Hari Kemerdekaan Kuba

Kuba merayakan Hari Kemerdekaan pada tanggal 10 Oktober setiap tahun sebagai hari libur nasional. Perjuangan negara ini untuk meraih kemerdekaan telah berlangsung lama dan sulit. ‘Dia de la Independencia,’ yang juga dikenal sebagai Peringatan Dimulainya Perang Kemerdekaan, memperingati perang Kuba untuk meraih kemerdekaan dari Spanyol pada tahun 1868.\

Namun, kebebasan itu tidak bertahan lama karena serangkaian pemberontakan selama Perang Spanyol-Amerika, ketika Jenderal Dominika Máximo Gómez gagal menggulingkan kekuasaan Spanyol, dan ratusan ribu warga Kuba tewas. Spanyol meninggalkan pulau itu pada tahun 1898, dan setelah tiga setengah tahun pendudukan militer AS, kemerdekaan secara resmi dideklarasikan pada tahun 1902.

BACA JUGA:Digelar Besok, Intip Rundown Konser LANY di Jakarta 9-10 Oktober 2024

2. Curacao Day

Hari Curaçao adalah hari libur umum yang diperingati setiap tahun pada tanggal 10 Oktober. Pada tanggal 10 Oktober 2010, pulau ini merayakan ulang tahunnya yang ke-10 sebagai negara di dalam Kerajaan Belanda. Curaçao, bersama dengan pulau saudaranya Aruba dan Bonaire, terletak di Laut Karibia Selatan.\

Oleh karena itu, Curaçao saat ini mengelola dan mengurus urusan internalnya sebagai negara otonom, dengan Kerajaan mengelola bidang-bidang tertentu seperti ekstradisi, pertahanan, dan hubungan luar negeri. Curaçao adalah pulau terbesar dari enam Kepulauan Karibia yang meliputi wilayah Karibia dari Kerajaan Belanda.

3. Hari Inklusi

Diperingati pada tanggal 10 Oktober. Hari ini didedikasikan untuk memastikan bahwa individu dengan berbagai kemampuan, latar belakang, usia, ras, agama, jenis kelamin, dan karakteristik lainnya diterima, disambut, dan diperlakukan secara adil. Hari Inklusi Sedunia akan menghormati kebersamaan individu yang beragam, yang semuanya merasa dihargai dan diikutsertakan.

Rasa memiliki akan dirayakan pada Hari Inklusi Sedunia. Orang-orang merasa dihargai, dihargai, dan dihormati atas siapa mereka saat mereka diikutsertakan. Inklusi memungkinkan kita membangun masyarakat yang lebih berbelas kasih, ramah, penuh rasa hormat, dan bersatu. Tindakan kebaikan dan inklusi kecil dapat memengaruhi dunia dan orang-orang yang berinteraksi dengan kita secara signifikan.

BACA JUGA:LINK Saldo DANA Kaget Terbaru Hari Ini, Selasa 10 Oktober 2023: Klaim Cuan Rp100.000 Nih

4. Hari Manajemen Panggung Internasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: