Usai Revitalisasi Pasca Kebakaran, Museum Nasional Kembali Dibuka

Usai Revitalisasi Pasca Kebakaran, Museum Nasional Kembali Dibuka

Usai Revitalisasi Pasca Kebakaran, Museum Nasional Kembali Dibuka-Kemenko PMK-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mewakili Presiden Joko Widodo meresmikan pembukaan kembali (revitalisasi) Museum Nasional Indonesia pasca tertimpa musibah kebakaran.

Dalam keterangan resminya, Minggu 13 Oktober 2024, Muhadjir mengatakan revitalisasi ini sekaligus mengubah wajah baru Museum Nasional Indonesia.

BACA JUGA:Hari Museum Nasional, Momentum Transformasi Museum di Indonesia Kini Jadi Ruang Publik yang Lebih Interaktif dan Inklusif

BACA JUGA:Cegah Kebakaran Terulang Lagi, Museum Nasional Indonesia Upgrade Sistem Keamanan

"Kami berharap semangat reimajinasi warisan budaya Indonesia yang dimulai dari Museum Nasional Indonesia dapat memotivasi seluruh insan permuseuman untuk mengoptimalkan potensi warisan budaya Indonesia,” kata Muhadjir.

Lanjutnya, peristiwa musibah kebakaran yang terjadi pada 16 September 2023 lalu hendaknya menjadi pengingat untuk senantiasa menjaga kerangka kesejarahan sebagai salah satu pembentuk jati diri dan cerminan budaya bangsa.

Muhadjir mengajak generasi milenial untuk lebih peduli terhadap nilai-nilai budaya di tengah perkembangan teknologi. Komitmen pemerintah untuk mendukung pemajuan kebudayaan telah tertuang dalam UU Nomor 5 Tahun 2017.

BACA JUGA:Ratusan Artefak Museum Nasional Indonesia yang Terdampak Kebakaran Bisa Kembali Dilihat

BACA JUGA:15 Link Twibbon Hari Museum Nasional 2024 Lengkap Ucapannya, Yuk Share di Medsos!

Yang seyogyanya, lanjut Muhadjir dapat membawa semangat baru dalam upaya pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan kebudayaan nasional.

“UU Pemajuan Kebudayaan diharapkan dapat memperkuat pengaturan pengelolaan museum yang diharapkan dapat semakin baik memberikan manfaat bagi peningkatan wawasan budayadan kesejahteraan rakyat,” tutur Muhadjir.

Dalam kesempatan itu, Muhadjir turut menyampaikan apresiasi kepada para insan permuseuman yang telah memberikan dedikasi yang besar bagi kemajuan budaya Indonesia.

BACA JUGA:Hari Museum Nasional 2024 Diperingati 12 Oktober, Intip Sejarahnya di Sini

BACA JUGA:Wajah Baru Museum Nasional Indonesia, Bakal Tampilkan Arca Tercantik yang Dikembalikan Belanda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: