Mengenal Skincare Overclaim yang Dibongkar Dokter Detektif di TikTok, Beauty Enthusiast Wajib Tahu!

Mengenal Skincare Overclaim yang Dibongkar Dokter Detektif di TikTok, Beauty Enthusiast Wajib Tahu!

Merek-merek skincare tidak overclaim dan di approved Dokter Detektif.--Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Media sosial saat ini tengah dihebohkan dengan sosok Dokter Detektif, content creator di TikTok yang membongkar deretan skincare overclaim. Apa itu skincare overclaim?

Akun TikTok @dokterdetektif belakangan ini tengah gencar membongkar sejumlah brand skincare yang ternyata melakukan overclaim.

Dokter Detektif atau yang akrab disapa DokTif memang kerap membagikan konten edukasi mengenai skincare yang overclaim di akun miliknya.

BACA JUGA:Wewangian Jasmine Beri Sensasi Healing Seolah Lagi Liburan di Bali

Akun tersebut mengungkap hasil uji lab sejumlah produk skincare dari brand-brand ternama.

Dari hasil uji lab tersebut, menunjukkan bahwa beberapa brand skincare ada yang melakukan overclaim atau melebih-lebihkan khasiat produk mereka.

Istilah skincare overclaim ini tentu menjadi sorotan dari warganet. Banyak dari mereka yang penasaran dengan maksud istilah skincare overclaim.

Apa Itu skincare overclaim

Skincare merupakan serangkaian kegiatan perawatan kulit wajah untuk menjaga Kesehatan hingga mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah.

BACA JUGA:Kate Middleton Tampil Beda, Rambutnya Tampak Lebih Panjang dari Sebelumnya

Perawatan kulit wajah ini terdiri dari penggunaan berbagai jenis produk mulai dari pembersih, toner, pelembap, tabir Surya (sunscreen), hingga eye cream.

Masing-masing jenis produk memiliki fungsi berbeda sesuai dengan kandungan di dalamnya.

Sementara itu, overclaim merupakan kosa kata dalam bahasa Inggris yang artinya sebuah klaim atau pernyataan yang berlebihan.

Overclaim juga bisa diartikan sebagai klaim atau pernyataan yang dilebih-lebihkan sehingga terkesan tidak sesuai fakta.

Dengan demikian, skincare overclaim disebut sebagai sebuah produk perawatan kulit yang dinilai terlalu melebih-lebihkan khasiat produk yang dimilikinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: