Begini Alur Pelacakan dan Pengantaran Koper Jamaah Haji!
Koper jamaah haji yang diantar oleh seorang petugas di Makkah.-Mohamad Nur Khotib/Media Center Haji 2025-
MAKKAH, DISWAY— Koper jamaah haji yang salah alamat hingga terpisah dengan pemiliknya menjadi salah satu tantangan yang dihadapi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).
Dalam situasi ini, petugas haji kerap kali berperan layaknya kurir paket: mengambil koper yang tercecer dan mengantarnya langsung ke kamar jamaah.
BACA JUGA:Puncak Haji Butuh Fisik Prima, Jamaah Diimbau 'Puasa Aktivitas' Tiga Hari sebelum Armuzna!
Sebagaimana diketahui, proses penerbangan jamaah haji dari Tanah Air ke Arab Saudi memiliki sejumlah perbedaan dibanding penerbangan biasa. Salah satunya adalah terkait penanganan koper bagasi.
Koper besar jamaah ditangani oleh petugas bandara dan petugas haji. Jamaah hanya membawa tas atau koper kabin saat naik bus menuju hotel. Sementara itu, koper besar akan dibawa dengan truk terpisah menuju hotel.
BACA JUGA:Patuhi Imbauan, Jamaah Haji Indonesia Salat Jumat di Hotel
Dalam proses pengiriman ini, koper jamaah terkadang salah alamat karena pemiliknya ternyata menginap di hotel lain. Jika hal ini terjadi, jamaah dapat melapor kepada ketua rombongan atau ketua kloter masing-masing.
Laporan itu akan diteruskan ke petugas haji sektor terkait, yang kemudian memulai pelacakan dan pengantaran koper hingga sampai ke tangan jamaah.
BACA JUGA:203.309 Jamaah Haji Reguler sudah Kantongi Visa
"Pada saat jamaah haji datang, bila koper-koper mereka belum sampai di hotelnya, kami akan mengantarkan koper mereka sampai ke hotel," kata Ketua Sektor 3 Daerah Kerja Makkah, Ikbal Ismail, di Makkah, Jumat, 23 Mei 2025.
Proses pelacakan koper yang tercecer dilakukan secara terkoordinasi melalui grup WhatsApp para petugas haji. Petugas Linjam (Pelindungan Jamaah) menginformasikan koper yang belum sampai beserta identitas pemiliknya, lalu petugas di setiap hotel melakukan pengecekan.
Jika koper ditemukan, petugas akan melakukan penjemputan dan mengantarkannya ke kamar jamaah yang bersangkutan.
BACA JUGA:Layanan Bus Shalawat Dibatasi, Jamaah Haji Diimbau Salat Jumat Tak di Masjidilharam
Salah satu petugas Linjam di Sektor 3 Daker Makkah, Sapari, menegaskan bahwa tugas mereka adalah memastikan kenyamanan jamaah haji. Ia menyebut bahwa seluruh petugas bersiaga penuh untuk menyelesaikan persoalan-persoalan seperti ini.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber:
