Gandeng TikTok Shop dan Tokopedia, Kadin Indonesia Gelar Workshop Pelatihan Digitalisasi UMKM
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama dengan TikTok Shop dan Tokopedia dengan bangga menggelar workshop bertajuk “Cara Cepat Memperluas Jangkauan Pasar Produk Kita”, pada Selasa 17 Juni 2025-Disway.id/Bianca Khairunnisa-
JAKARTA, DISWAY.ID - Dalam rangka mendorong kemajuan pasar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk memperluas pasar hingga ke tingkat global, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama dengan TikTok Shop dan Tokopedia dengan bangga menggelar workshop bertajuk “Cara Cepat Memperluas Jangkauan Pasar Produk Kita”, pada Selasa 17 Juni 2025.
Dalam workshop yang digelar di Tokopedia Tower, Jakarta Selatan tersebut, Kadin beserta TikTok Shop dan Tokopedia menyampaikan pentingnya pemanfaatan teknologi digital untuk memperluas pasar hingga ke tingkat global.
BACA JUGA:Dukung Pengusaha Perempuan, Kadin Indonesia Jalin Kerjasama dengan TikTok Shop dan Tokopedia
BACA JUGA:Sambut Baik Usaha Dongkrak MBG, Badan Gizi Nasional Siap Dukung Kadin Indonesia
Selain itu menurut Wakil Ketua Umum Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kadin Indonesia, Tatyana Sutara, program ini merupakan wujud nyata Kadin dalam mendukung visi pemerintahan Presiden Prabowo Subianto, khususnya Asta Cita yang menyoroti pentingnya kesetaraan gender.
“Kita melakukan pemberdayaan ekonomi perempuan dengan membuka akses pemasaran di tengah situasi ekonomi yang belum membaik,” tutur Tatyana ketika ditemui Disway.
Ditemui dalam kesempatan yang sama, Creator Education Team TikTok Shop by Tokopedia, Celestine Astinissa Indraswari, juga menjelaskan bahwa kini TikTok tidak hanya menjadi wadah hiburan, tetapi juga berkembang menjadi one-stop solution untuk konten dan belanja.
BACA JUGA:Jalin Kerjasama, Kadin dan Lemhannas Siap Cetak Pengusaha Pejuang
Oleh karena itulah, dirinya berharap agar aplikasi TikTok Shop dapat berkembang tidak hanya menjadi one-stop solution untuk konten, namun juga untuk belanja.
“Kami melihat potensi besar di Indonesia, kami hadirkan unit bisnis baru bernama TikTok Shop. Kami ingin TikTok menjadi aplikasi satu pintu, dimana cari hiburan bisa, belanja juga bisa, semua dari satu aplikasi,” jelas Celestine.
Lebih jauh lagi, salah satu peserta workshop bernama Sri Mulyawati dari Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) DKI Jakarta juga mengaku sangat terbantu dengan kegiatan ini.
“Alhamdulillah, kegiatan hari ini bagus sekali, menambah wawasan. Yang tadinya kita pakai TikTok cuma buat happy-happy, ternyata bisa cari cuan juga. Semoga acara ini bisa berkelanjutan supaya kita semua makin paham tentang digitalisasi,” ujar Mulyawati.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber: