Dana Militer Global Dibedah

Dana Militer Global Dibedah

Militer Rusia menunjukkan kekuatan Sukoi-34 yang berselancara dalam operasi militer khusus di Ukraina.-Twitter/@SemestaTIMELINE-disway.id

”Pola yang dilakukannya penuh perhitungan,” jelasnya. 

Pada tahun 2014, ketika Rusia mencaplok Krimea, negara itu juga menjadi sasaran sanksi pada saat yang sama ketika harga energi turun, sehingga sulit untuk mengukur seberapa efektif sanksi itu sendiri.

"Sekarang kami memiliki sanksi yang lebih keras, itu pasti, tetapi kami memiliki harga energi yang lebih tinggi yang dapat membantu Rusia mempertahankan pengeluaran militer pada tingkat itu," kata Lopes da Silva.

Di sisi lain, pengeluaran militer Ukraina telah meningkat sebesar 72 persen sejak aneksasi Krimea. Sementara pengeluaran menurun lebih dari delapan persen pada tahun 2021 menjadi US$5,9 miliar, itu masih menyumbang 3,2 persen dari PDB Ukraina.

Ketika ketegangan meningkat di Eropa, lebih banyak negara NATO telah meningkatkan pengeluaran.

Delapan negara anggota tahun lalu mencapai target pengeluaran dua persen dari PDB, satu lebih sedikit dari tahun sebelumnya tetapi naik dari hanya dua pada tahun 2014, kata Sipri.

Lopes da Silva mengatakan dia mengharapkan pengeluaran di Eropa untuk terus tumbuh.

AS, yang jauh melebihi negara lain dengan US$801 miliar, sebenarnya bertentangan dengan tren global dan menurunkan pengeluarannya sebesar 1,4 persen pada tahun 2021.

Keunggulan teknologi

Selama dekade terakhir, pengeluaran AS untuk penelitian dan pengembangan telah meningkat sebesar 24 persen sementara pengadaan senjata turun sebesar 6,4 persen.

”Pemerintah AS telah berulang kali menekankan perlunya mempertahankan keunggulan teknologi militer AS atas pesaing strategisnya Rusia,” kata Alexandra Marksteiner, peneliti lain di Sipri, dalam sebuah pernyataan.

Tiongkok, pembelanja militer terbesar kedua di dunia dengan perkiraan US$293 miliar, meningkatkan pengeluarannya sebesar 4,7 persen, menandai peningkatan pengeluaran selama 27 tahun berturut-turut.

Penumpukan militer negara itu pada gilirannya menyebabkan tetangga regionalnya meningkatkan anggaran militer mereka seperti Jepang menambahkan US$7 miliar, meningkat 7,3 persen, ini tertinggi sejak 1972.

Australia juga menghabiskan empat persen lebih banyak untuk militernya, mencapai US$31,8 miliar pada tahun 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: afp