Pameran FHI 2025 Resmi Dimulai, Fokus pada Inovasi dan Keberlanjutan Industri Kuliner dan Perhotelan
JAKARTA, DISWAY.ID - Jakarta kembali menjadi pusat perhatian industri makanan, minuman, dan perhotelan internasional dengan dibukanya pameran Food & Hospitality Indonesia (FHI) 2025.
Acara bergengsi ini resmi dimulai hari ini dan akan berlangsung selama empat hari, dari 22 hingga 25 Juli 2025 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran.
Lebih dari 700 produsen, distributor, dan retailer dari lebih 35 negara hadir dalam FHI 2025, bersinergi dengan Hotelex Indonesia, Finefood Indonesia, dan Retail Indonesia.
Pameran ini menjadi platform utama untuk mendorong inovasi, praktik ramah lingkungan, serta kemajuan teknologi di sektor F&B dan hospitality.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Teuku Riefky Harsya, membuka acara ini secara resmi.
BACA JUGA:Laptop Layar 13 Inch Paling Murah 2025, 3 Pilihan Terbaik untuk Mobilitas dan Performa
Ia menyampaikan bahwa FHI 2025 bukan hanya ajang pameran produk dan teknologi, tetapi juga wadah strategis untuk mendorong kolaborasi dan praktik berkelanjutan.
Dan dia menyoroti kontribusi industri makanan dan minuman yang mencapai 38% dari PDB ekonomi kreatif nasional, serta menyerap lebih dari 11.000 unit usaha.
"FHI 2025 adalah kesempatan emas untuk menunjukkan potensi produk Indonesia dan menjadikannya kompetitif di pasar global," ujar Teuku.
Ia menambahkan bahwa sektor ekonomi kreatif Indonesia mengalami lonjakan dengan peningkatan nilai tambah sebesar 119% dan ekspor sebesar 67%, menyerap hingga 26,5 juta tenaga kerja pada 2024. Angka ini diproyeksikan meningkat hingga 787,6 juta pekerjaan dalam lima tahun ke depan.
BACA JUGA:Jokowi Tawarkan Opsi Pemeriksaan Kasus Dugaan Ijazah Palsu Dilakukan di Solo
Komitmen FHI terhadap Keberlanjutan dan Inovasi
Portofolio Director FHI 2025, Juanita Soerakoesoemah, menekankan bahwa FHI terus berkomitmen mendukung pertumbuhan berkelanjutan.
Tema FHI tahun ini adalah “Membangun Masa Depan Industri Kuliner dan Perhotelan yang Berkelanjutan”, menegaskan tekad untuk mendorong transformasi lingkungan melalui praktik ramah lingkungan.
Pameran ini menampilkan berbagai perusahaan dan merek yang fokus pada solusi berkelanjutan seperti Allana, Avani, Greenfields Professional, Healthy Choice, Japfa Food, Tree Nut Asia, hingga USA Pulses. Selain produk, zona pengalaman ramah lingkungan turut dihadirkan, seperti Water Refill Station oleh Waterhub, Wellness Corner, Light Air Zone, dan UCollect Station bekerja sama dengan Noovoleum.
BACA JUGA:Jet Tempur China F‑7 Jatuh di Sekolah Bangladesh, Korban Tewas Terus Bertambah, Terbaru 27 Orang!
Paviliun Internasional dan Kompetisi Bergengsi
FHI 2025 menghadirkan International Booth Pavilions dari Amerika Serikat, Tiongkok, Kanada, Korea Selatan, Malaysia, dan Thailand. Debut Kaiyuan Plan 2025 – China Bakery & Food Pavilion turut meramaikan dengan lebih dari 20 perusahaan terkemuka di industri baking.
Ajang ini juga diramaikan kompetisi kelas dunia seperti:
- World Fashion Drinks Competition (WFDC) 2026 Indonesia Selection
- Indonesia Coffee Events (ICE) – HILACS25 oleh SCAI
- The 14th Salon Culinaire oleh ACP
- Hotelicious Bed Making Competition oleh BINUS Hotel Management
- Jakarta Best Sommelier Competition oleh ISA
- Ready-to-Drink Cocktails in a Can Competition oleh IFBEC
Kompetisi ini menjadi ruang kreativitas dan inovasi bagi barista, bartender, mixologist, dan pelaku industri lainnya untuk menunjukkan keahlian serta menciptakan tren baru di industri minuman siap saji.
BACA JUGA:Beri Kemudahan dan Kenyamanan Bertransaksi, Pengguna BRImo Tumbuh 21,2% Capai 42,7 Juta User
Seminar dan Workshop Industri dan Keberlanjutan
FHI 2025 juga menyelenggarakan berbagai seminar dan lokakarya:
- Wine Master Class oleh ISA
- Interior Design Clinic oleh Rukita
- Gelato Workshop oleh Gastro Gizi Sarana
- Art Workshop with Natural Pigments oleh Rekalagam
- Selain itu, berbagai seminar industri dan keberlanjutan turut digelar oleh mitra strategis seperti:
- US Meat Export Federation
- Dewan Kopi Indonesia
- Waterhub
- Noovoleum
- MVB, Evolve, Sentian, dan lainnya
Marketing Communication Manager FHI 2025, Leonarita Hutama, menegaskan bahwa FHI bukan sekadar pameran dagang, tetapi sarana edukasi dan networking bisnis yang mendukung pertumbuhan industri yang inklusif dan ramah lingkungan.
BACA JUGA:Garuda Dikabarkan Bakal Beli 50 Unit Pesawat Boeing dari AS, Ekonom Wanti-wanti Soal Dampak Ekonomi!
FHI Digital Showroom dan Proyeksi Pertumbuhan
FHI 2025 juga meluncurkan Digital Showroom bekerja sama dengan Saladplate, mempercepat adopsi digital menuju "Indonesia 4.0". Platform ini membantu pelaku industri menjangkau pasar global secara lebih efisien.
Dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi nasional antara 4,7% hingga 5,2% pada 2025, FHI terus memperluas cakupannya sebagai pameran bisnis unggulan yang memperkuat sektor F&B dan hospitality Indonesia.
Hingga hari pertama, ribuan pengunjung telah hadir melalui registrasi online. Antusiasme diperkirakan terus meningkat seiring masih dibukanya pendaftaran walk-in hingga 25 Juli 2025 mendatang.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber: