KPK Sebar Survei, Pahala: Tenang, Kerahasiaan Dijamin Terjaga

KPK Sebar Survei, Pahala: Tenang, Kerahasiaan Dijamin Terjaga

Ilustrasi: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)-Syaiful Amri/Disway.id-

JAKARTA, DISWAY.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menyebar Suvei Penilaian Integritas (SPI). 

Kerahasiaan responden dalam SPI Tahun 2022 dijamin tidak akan bocor. Masyarakat pun tak perlu ragu menjawab pesan yang nantinya akan dikirimkan lewat WhatsApp.

SPI adalah survei guna memetakan risiko korupsi dan kemajuan upaya pencegahan korupsi yang dilakukan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah (KLPD).

”Jangan ragu untuk memberikan penilaian. Kami memastikan kerahasiaan responden terjaga,” terang Deputi Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan, kanal YouTube KPK RI, Rabu 27 April 2022.  

Pahala menekankan, publik juga memberikan pemaparan objektif dan jujur.

 ”Sampaikan saja, jangan ragu. Kalau jelek bilang saja jelek. Sekali lagi kami jaga kerahasiaannya,” tandas Pahala seraya berharap responden terpilih tidak perlu takut ketika mendapat pertanyaan dari pesan yang disampaikan KPK.  

Pahal juga meminta, instansi-instansi peserta SPI tidak mengintervensi data-data tersebut demi menjaga objektivitas penilaian. 

”Sudahlah jangan diatu-atur. Kedepankan sikap objektivitas. Jangan seperti tahun lalu, ada yang dikumpulkan lalu diberi pengarahan karena akan sia-sia,” terang Pahala.  

Lalu apa sebenarnya esensi SPI? Pahala menegkan ini adalah upaya meberin ruang publik untuk dapat menilai kinerja KPK. 

Dengan begitu ada perbaikan baik individu maupun istansi terkait pada upaya pencegahan korupsi. ”Ya kalau ada jeleknya ya dipebaiki. Itu semangatnya. Walau pun skornya tinggi ya,” jelasnya. 

 

Suvei Penilaian Integritas, esensi SPI, ) Pahala Nainggolan, Pahala Nainggolan,

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: