Innovillage 2025 Dorong Mahasiswa Indonesia Hadirkan Inovasi Digital Berdampak Sosial

Innovillage 2025 Dorong Mahasiswa Indonesia Hadirkan Inovasi Digital Berdampak Sosial

Telkom berkolaborasi dengan Telkom University resmi membuka Sosialisasi Innovillage 2025 yang menandai dimulainya penyelenggaraan Innovillage ke-6-Telkom Indonesia-

BANDUNG, DISWAY.ID - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berkolaborasi dengan Telkom University resmi membuka Sosialisasi Innovillage 2025 yang menandai dimulainya penyelenggaraan Innovillage ke-6.

Kegiatan Sosialisasi Innovillage 2025 digelar secara hybrid di Studio Innovillage, Telkom University Bandung, serta daring melalui Zoom dan YouTube Live, dengan lebih dari 900 partisipan dari seluruh Indonesia pada (21/10).

BACA JUGA:Mahasiswa UNP Antusias Gali Potensi Mengikuti Digistar Telkom

BACA JUGA:Telkomsat-Kemenkes Jalin Kerja Sama, Dorong Pemerataan dan Digitalisasi Layanan Kesehatan berbasis AI

Dengan tema besar “Drive Innovation, Create Impact, Build a Lasting Future”, Innovillage 2025 membawa semangat “Digital untuk Semua, Digital Talent untuk Indonesia.”

Acara ini bukan hanya menjadi ajang pembukaan program tahunan, tetapi juga momentum refleksi perjalanan panjang Innovillage yang merupakan sebuah gerakan dari kampus untuk masyarakat yang tumbuh melalui kerja keras, doa, dan kolaborasi lintas pihak.

Acara dibuka dengan doa bersama dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pemutaran video perjalanan Innovillage yang menampilkan jejak kontribusi mahasiswa dalam menghadirkan solusi digital di berbagai bidang sosial.

BACA JUGA:Prabowo Subianto Minta Bahasa Portugis Diajarkan di Sekolah, Abdul Mu'ti: Masih Dikaji

Program tahun ini difokuskan pada lima isu strategis nasional, yaitu Ketahanan Pangan, Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan dan UMKM, Lingkungan, dan Inklusi Disabilitas.

Selain itu, Innovillage 2025 memperkenalkan tiga skema kompetisi baru yang menekankan kolaborasi lintas disiplin, yakni penguatan inovasi berkelanjutan, dan keterlibatan alumni melalui Innovillage Impact Network (IIN) yang merupakan komunitas yang kini telah beranggotakan lebih dari 7.000 alumni dari seluruh Indonesia.

Sosialisasi kali ini menghadirkan dua narasumber utama, yaitu Senior Manager SDG’s Telkom Suharsono dan Ketua SDG’s Center Telkom University Runik Machfiroh. Dalam paparannya, Suharsono menegaskan bahwa Innovillage merupakan ruang kolaboratif untuk mewujudkan CSR Telkom yang berfokus pada implementasi SDGs.

BACA JUGA:Waduh! Kak Seto Kena Stroke Ringan: Sempat Alami Pusing dan Linglung

“Melalui kolaborasi dengan mahasiswa dan perguruan tinggi, kami ingin menghadirkan program socio-digital-preneurship sebagai solusi atas berbagai permasalahan sosial di masyarakat. Tahun ini, Innovillage ke-6 diharapkan memberi dampak lebih besar, menjawab tantangan nyata, dan mendukung agenda SDGs Indonesia,” ungkap Suharsono.

Ia menambahkan bahwa dari tahun pertama hingga kelima, lebih dari 800 inovasi telah lahir dengan dampak bagi lebih dari 20 ribu penerima manfaat di berbagai daerah. Fokus tahun ini adalah pangan, kesehatan, pemberdayaan perempuan, lingkungan, dan inklusi disabilitas yang dipilih berdasarkan hasil evaluasi SDGs Indonesia serta mendukung arah kebijakan nasional.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel

Sumber:

Berita Terkait

Close Ads