Bangun Ekosistem UMKM Lewat Pelatihan dan Pendampingan, PalmCo Dongkrak Ekonomi Daerah
PTPN IV PalmCo sebagai Subholding dari PTPN III (Persero) terus memperkuat perannya dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat lewat dukungan terhadap pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).-dok disway-
JAKARTA, DISWAY.ID - PTPN IV PalmCo sebagai Subholding dari PTPN III (Persero) terus memperkuat perannya dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat lewat dukungan terhadap pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Melalui rangkaian pelatihan peningkatan kompetensi, fasilitasi pembiayaan, hingga akses ke pameran atau bazar skala nasional untuk membantu UMKM binaannya tumbuh dan naik kelas.
Direktur Utama PTPN IV PalmCo Jatmiko K. Santosa mengatakan program pengembangan UMKM menjadi bagian dari strategi perusahaan dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, khususnya di wilayah sekitar operasional perusahaan.
“Kami tidak ingin pemberdayaan berhenti di pemberian modal saja, yang kami bangun adalah ekosistem agar UMKM bisa tumbuh secara berkelanjutan lewat pelatihan, pendampingan, dan perluasan pasar. Dengan pendampingan yang tepat, pelaku usaha kecil bisa menjadi penggerak ekonomi yang tangguh di daerah,” ujar Jatmiko di Jakarta, Selasa (28/10/2025).
BACA JUGA:Fadli Zon Bakal Daftarkan Dangdut ke UNESCO, Indonesia Ingin Ciptakan 'Dangdut Wave' Dunia
Pelatihan, Akses Pasar, dan Dukungan Fasilitas
Dalam beberapa waktu terakhir, PalmCo aktif menggelar berbagai pelatihan kewirausahaan bagi mitra binaannya, mulai dari pelatihan bakery & cake, pengelolaan keuangan, desain kemasan, hingga strategi digital marketing.
Kegiatan dilakukan di berbagai daerah, termasuk di Provinsi Jambi, Sumatera Utara hingga Kalimantan dengan menggandeng lembaga profesional seperti LaSalle College Jakarta dan komunitas pelatihan kewirausahaan.
PalmCo juga memberikan dukungan akomodasi dan transportasi bagi peserta pelatihan agar pelaku UMKM dari wilayah terpencil tetap dapat berpartisipasi.
Selain itu, perusahaan secara aktif melibatkan UMKM binaannya dalam ajang pameran dan bazar nasional seperti INACRAFT 2025 dan 2nd Expouse 2025 Yogyakarta, yang menjadi ruang promosi sekaligus peluang bertemu investor dan pembeli potensial dari berbagai daerah.
BACA JUGA:Aturan Baru! BGN Batasi Produksi Harian MBG: Satu Dapur Maksimal 3.000 Porsi per Hari
BACA JUGA:PSSI Belum Bahas Pengganti Baru Pengganti Patrick Kluivert, Arya Sinulingga: Soal STY Hoaks!
“Expo semacam ini sangat penting sebagai jembatan antara pelaku UMKM dan pasar yang lebih luas. Kami ingin mitra binaan PalmCo bisa bersaing, tidak hanya di tingkat lokal, tapi juga nasional bahkan internasional,” tutur Jatmiko.
Penyaluran Pembiayaan Rp 70,3 Miliar Lewat BRI
Selain pelatihan, PalmCo juga memperkuat akses pembiayaan bagi UMKM melalui kerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI).
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber: