Sambut Harbolnas 12.12, Blibli Siap Kerahkan SDM hingga 3 Kali Lipat untuk Antisipasi Lonjakan Pesanan
Bayu Sudjono, SVP Operations Blibli di Marunda Warehouse.-Rury Pramesti/disway.id-
JAKARTA, DISWAY.ID - PT Global Digital Niaga Tbk atau Blibli siap kerahkan Sumber Daya Manusia (SDM) hingga 3 kali lipat untuk antipasi lonjakan pesanan pada Harbolnas 12.12 yang jatuh pada Jumat, 12 Desember 2025.
Bayu Sudjono, SVP Operations Blibli, menyebutkan bahwa volume pesanan customer biasanya akan naik sampai 3-4 kali lipat saat periode Harbolnas.
Guna mengantisipasi hal tersebut, Blibli akan mengerahkan SDM tambahan hingga tiga kali lipat dari jumlah normal.
BACA JUGA:E-Commerce Makin Sengit, Begini Strategi Blibli Hadapi Persaingan Industri Digital

Gudang Marunda Blibli Perkuat Smart Logistic dan Supply Chain Management Lewat Layanan FAS.--Blibli
"Kalau persiapan Blibli untuk 12.12, pastinya kita akan meningkatkan manpower kita. Kita tahu bahwa di 12.12 ini biasanya bobot pesanan bisa naik tiga sampai empat kali lipat on average gitu," ujar Bayu saat ditemui di Kawasan Gudang Marunda Blibli pada Rabu, 10 Desember 2025.
Bayu menambahkan, di hari normal ada sekitar 600 orang telah ditambah menjadi 1.100 orang. Diperkirakan saat puncak 12.12 akan bertambah.
"Nanti mungkin di tanggal 12.12 akan bisa naik sampai sekitar 1.500 orang gitu," papar Bayu.
Di satu sisi, ia menilai bahwa proses sistem pergudangan Blibli sudah terstandardisasi sehingga tenaga kerja yang baru bisa langsung bekerja.
Meski produktivitasnya tidak sama dengan pekerja lama, namun produktivitas dari pekerja baru ini tak akan jauh berbeda, sebab mereka sudah didukung dengan sistem teknologi yang canggih.
BACA JUGA:Bumi Makin Kritis, Anak Muda Gaspol Tanam 16.000 Mangrove Bareng Blibli Tiket Action
Di mana, sistem internal yang telah dikembangkan memberikan fleksibilitas cukup tinggi.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber: