Keren! Alfabeta Hadirkan Teknologi AI di Balik Robot Layanan Humanoid di Kuningan City
PT Alfabeta Solusi Nusantara, perusahaan teknologi AI karya anak bangsa menghadirkan robot humanoid di Kuningan City-Istimewa-
JAKARTA, DISWAY.ID – Pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) di Indonesia terus berkembang dan mulai diterapkan secara nyata di ruang publik.
PT Alfabeta Solusi Nusantara, perusahaan teknologi AI karya anak bangsa yang merupakan bagian dari Centrepark Group, menghadirkan teknologi AI yang digunakan pada robot layanan pelanggan humanoid di Kuningan City Mall, Jakarta.
BACA JUGA:Apresiasi Bengkel Rekanan, Motul Indonesia Hadirkan 'Mandalika Track Day Experience Reward'
BACA JUGA:Imbas Banjir dan Pohon Tumbang, Layanan Transjakarta di Sejumlah Rute Terganggu
Teknologi AI yang dikembangkan Alfabeta menjadi otak sistem kecerdasan robot tersebut, memungkinkan interaksi yang lebih natural dan informatif dengan pengunjung mall. Robot ini membantu pengunjung dalam memperoleh informasi tenant, fasilitas, hingga panduan arah di dalam area pusat perbelanjaan.
Peluncuran robot layanan berbasis AI ini dilakukan bertepatan dengan perayaan ulang tahun Kuningan City dan menjadi salah satu implementasi nyata pemanfaatan AI lokal di sektor properti dan retail Indonesia.
“Perilisan robot layanan berbasis AI ini merupakan langkah yang baik dan menunjukkan bagaimana teknologi dapat mulai diterapkan secara nyata di pusat perbelanjaan di Indonesia,” ujar Raymond Chin, yang hadir dalam acara peluncuran tersebut.
Teknologi AI Alfabeta untuk Layanan Publik
Alfabeta menegaskan bahwa teknologi AI yang dikembangkan tidak hanya berfokus pada fungsi informatif, tetapi juga dirancang sebagai sistem yang dapat terus dikembangkan sesuai kebutuhan layanan publik.
BACA JUGA:Tinjau Wilayah Bencana Aceh, Prabowo: Jangan Khawatir, Bapak Ibu Tidak Sendiri
“Teknologi AI CS Robot ini menggabungkan artificial intelligence, computer vision, dan natural language processing untuk menghadirkan interaksi yang natural dan informatif. Ke depan, sistem ini siap dikembangkan untuk mendukung personalisasi layanan dan analitik operasional,” kata Yuri Ardila, Chief Technology Officer (CTO) PT Alfabeta Solusi Nusantara, bagian dari Centrepark Group.
Dengan pendekatan ini, Alfabeta memposisikan AI sebagai alat bantu untuk meningkatkan kualitas layanan, bukan untuk menggantikan peran manusia.
AI Karya Anak Bangsa untuk Ekosistem Retail
Robot layanan ini juga dilengkapi fitur pendukung seperti integrasi kamera dan kemampuan multi-bahasa, sehingga dapat melayani pengunjung dari berbagai latar belakang. Penerapan teknologi ini menjadi contoh bagaimana AI karya anak bangsa dapat diimplementasikan secara nyata dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.
Sebagai perusahaan teknologi lokal, Alfabeta berkomitmen untuk terus mengembangkan solusi AI yang aplikatif dan scalable, serta mendukung transformasi digital di sector properti, retail, dan fasilitas publik di Indonesia.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber: