Apa Inspirasi Baru yang Anda Dapatkan dari Upaya Tindak Lanjut? Cek Contoh Jawabannya Buat Referensi Guru

Apa Inspirasi Baru yang Anda Dapatkan dari Upaya Tindak Lanjut? Cek Contoh Jawabannya Buat Referensi Guru

Contoh jawaban dari soal "Apa Inspirasi Baru yang Anda Dapatkan dari Upaya Tindak Lanjut?"--Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Apa Inspirasi Baru yang Anda Dapatkan dari Upaya Tindak Lanjut? Ini adalah salah satu pertanyaan reflektif yang menjadi bagian evaluasi kinerja guru.

Sebagai informasi, Direktorat Jenderl Guru, Tenaga Kependidikan dan Pendidikan Guru (Ditjen GTKPG) Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) tengah memulai tahap penilaian dan penetapan predikat kinerja tahunan untuk guru, kepala sekolah serta pengawas sekolah periode Januari-Desember 2025.

Adapun, proses tu dilakukan lewat Sistem Pengelolaan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan (RGTK), sebuah kegiatan tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaean di kelas dan efektivitas manajemen di sekolah.

BACA JUGA:Apa Upaya Peningkatan untuk Mengatasi Tantangan dalam Upaya Tindak Lanjut? Jawabannya Bisa Jadi Referensi Guru

Pada sistem tersebut, guru akan diminta untuk mengisi beberapa pertanyaan yang jadi bagian evaluasi kinerja dalam satu formulir Refleksi Tindak Lanjut di Ruang GTK.

Sebelumnya, diketahui bahwa Ruang GTK sendiri adalah transformasi baru dari PMM atau Platform Merdeka Mengajar.

Walau sudah banyak referensi jawaban yang bisa digunakan, Bapak/Ibu Guru dapat mengisinya sesuai dengan pengalaman mengajar yang didapatkannya.

Apa Inspirasi Baru yang Anda Dapatkan dari Upaya Tindak Lanjut?

Contoh jawaban:

Dari upaya tindak lanjut ini, saya terinspirasi bahwa keterlibatan merata dalam diskusi kelompok kecil ternyata bisa ditingkatkan melalui pemantauan peran aktif dan umpan balik antar peserta didik.

BACA JUGA:Apa hambatan yang Anda Temui Selama Melakukan Upaya Tindak Lanjut? Cek Contoh Jawabannya

Strategi tersebut mampu membantu mereka lebih menyadari tanggung jawab masing-masing serta mendorong partisipasi yang lebih seimbang dalam kelompok.

Berdasarkan inspirasi yang Anda dapatkan, apa perubahan praktik Anda di ruang kelas/satuan pendidikan yang telah Anda lakukan?

Contoh jawaban:

Berdasarkan inspirasi tersebut, saya mulai menerapkan pemantauan peran aktif dengan menggunakan formulir umpan balik antar peserta didik di akhir kegiatan. 

Kemudian, saya juga memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menetapkan indikator peran aktif secara bersama.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel

Sumber:

Berita Terkait

Close Ads