Sampah Menumpuk di Rumah? Yuk Kelola dan Donasikan Saja Lewat Cara Ini

Sampah Menumpuk di Rumah? Yuk Kelola dan Donasikan Saja Lewat Cara Ini

Ilustrasi: Sampah yang kerap berada di lingkungan rumah kita, dari botol sampai kertas bisa didonasikan. -Pixabay/@stux-

Mulai dari kerajinan tangan seperti tas, hiasan, tempat pensil dan dompet kecil, hingga produk yang diproduksi dengan skala besar menggunakan mesin canggih di pabrik.

Sudah banyak produsen barang yang memanfaatkan hasil daur ulang untuk barang-barang yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

Anda dapat memilih mana jenama dan barang yang sekiranya cocok bagi Anda.

4.Kurangi penggunaan plastik

Pernahkah Anda membayangkan berapa banyak sampah plastik yang Anda hasilkan dalam satu tahun terakhir? Tidak terhitung, bukan? 

Menyikapi tingginya sampah plastik, pemerintah menerapkan kebijakan kantong belanja yang bisa dipakai lagi saat berbelanja di berbagai daerah di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Anda juga dapat membantu mengurangi sampah plastik dengan menggunakan produk-produk yang dapat digunakan berulang kali.

Kebiasaan ini dapat mendukung terwujudnya Indonesia Bebas Sampah pada 2030. Jangan lupa bawa tas belanja sendiri kemana pun Anda pergi.

Selipkan di dalam ransel atau kendaraan Anda agar tak perlu pusing mencari wadah ketika berbelanja.

5.Donasikan barang tak terpakai

Alternatif lain dalam mengelola sampah adalah dengan mendonasikan barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Kini, semakin banyak organisasi nirlaba yang menerima donasi barang tak terpakai untuk dimanfaatkan kembali menjadi produk yang fungsional.

Cari informasinya lewat media sosial atau tanyakan kepada teman dan keluarga yang sudah pernah mendonasikan barang lewat layanan tersebut.

Dalam mendorong pentingnya mendaur ulang, IKEA Indonesia mengajak masyarakat untuk mendonasikan barang-barang tak lagi terpakai melalui beberapa kegiatan yakni "Give for Care", "Exchange Your Bottle Program", dan "Food Aid". 

Mulai 18 Maret 2022, bertepatan dengan peringatan Hari Daur Ulang Sedunia atau World Recycling Day, kamu bisa mendonasikan koran, botol plasti termasuk kaleng dan kardus tak terpakai melalui program "Give for Care".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ikea