Ingat! Ini Tips Mudik agar Tidak Merasa Lelah Berlebihan, Yuk Simak Jangan Diremehkan

Ingat! Ini Tips Mudik agar Tidak Merasa Lelah Berlebihan, Yuk Simak Jangan Diremehkan

Para pemudik di jl. Kalimalang, Jakarta -M. Ichsan-

JAKARTA, DISWAY.ID - Pada tahun ini antusias masyarakat untuk mudik terbilang sangat tinggi. Mengingat dalam 2 tahun terakhir pemerintah melarang adanya kegiatan mudik agar bisa mencegah lonjakan Covid-19.

Namun dampak dari meningkatnya pemudik yang pergi kekampung halaman, di sejumlah titik alami kemacetan parah. Hal itu tentu menyebabkan para pemudik kelelahan.

Akan tetapi jangan khawatir, pasalnya ada sejumlah tips yang bisa mengurangi rasa lelah saat pergi mudik. Dikutip dari PMJ NEWS, berikut adalah 4 tipsnya:

BACA JUGA:10 Posko Kesehatan Tersedia di Jalur Mudik dan Wisata Kabupaten Tangerang

1. Makan Secukupnya

Jika mudik dilakukan saat masih berpuasa, sebaiknya asupan makan sahur tidak terlalu banyak. Rendy Dijaya, peneliti dan edukator kesehatan Nutrifood Research Center, berkata terlalu banyak makan akan memberikan asupan kalori cukup tinggi buat tubuh.

2. Cukupi Waktu Tidur

Usahakan sebelum berangkat, Anda cukup tidur. Aldis berkata, tidak hanya pengemudi yang harus cukup tidur, penumpang pun demikian. Paling tidak, tidur selama tujuh jam atau lebih saat malam.

BACA JUGA:Kapolda Minta Maaf Soal Kebijakan 'One Way' di Jalur Tol Jawa Barat

3. Lakukan Peregangan

Awali perjalanan mudik dengan peregangan dan lakukan rutin selama perjalanan. Saat perjalanan jauh, usahakan melakukan peregangan saat istirahat di rest area.

Peregangan ini mulai dari kepala dengan tahan di satu posisi selama beberapa detik termasuk menunduk, menengadah, geleng ke kanan dan kiri.

4. Cukupi Cairan Tubuh

Tetap cukupi kebutuhan cairan selama perjalanan. Kadang orang memilih untuk tidak minum karena tidak ingin kebelet buang air kecil. Padahal, minum tidak harus di satu waktu dan banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: