Pemerintah akan Sediakan Pos Vaksin Booster di Jalur Mudik

Pemerintah akan Sediakan Pos Vaksin Booster di Jalur Mudik

JAKARTA, DISWAY.ID--Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pihaknya bersama Kementrian Perhubungan akan menyediakan pos vaksin booster di sejumlah titik jalur mudik

Hal ini terkait aturan akan berlakukan syarat booster pada pelaku perjalanan mudik Lebaran 2022. 

“Jika mereka mau dibooster saat itu nanti dipersiapkan oleh Kementerian perhubungan, tempat-tempat vaksinasi gratis di fasilitas-fasilitas angkutan umum,” kata Menkes Budi secara virtual, Rabu, 23 Maret 2022.

Seperti diketahui, untuk mengantisipasi lonjakan covid-19, Pemerintah menggulirkan syarat vaksin booster bagi pemudik menjelang lebaran nanti.

Adapun syarat pelaku perjalanan mudik lainnya adalah, pemudik wajib menunjukkan hasil tes PCR dan antigen negatif dengan syarat sudah vaksinasi 2 kali. 

Maka pemudik yang sudah menerima vaksin booster diizinkan mudik tanpa perlu menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 untuk syarat perjalanan. 

Pemudik yang sudah divaksinasi lengkap atau dua dosis wajib menunjukkan hasil negatif Covid-19 dari tes antigen sebagai syarat perjalanan. 

Pemudik yang baru divaksin dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif Covid-19 dari tes PCR sebagai syarat perjalanan.

Maka pemudik dapat menyambangi pos-pos di mana masyarakat bisa langsung disuntik booster sebelum mudik. Bahkan tak hanya booster, pos-pos pantau mudik juga menyediakan vaksinasi dosis II bagi mereka yang baru sekali vaksin.

“Jika baru satu kali vaksin, tetap nanti akan ada tempat-tempat khusus baik di angkutan umum maupun beberapa pos. Kalau naik angkutan pribadi bisa juga di suntik keduanya lengkapnya di sana,” kata Menkes Budi.

“Teman-teman bisa melakukan suntik dosis kedua di tempat-tempat disediakan pemerintah di jalur mudik, dengan demikian pemerintah mencoba memberikan ruang gerak lebih besar pada umat muslim di seluruh Indonesia,” katanya. (len/RadarCirebon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: