Instansi Belanja Produk Impor, Presiden Jokowi: Bodoh Banget Kita Ini

Instansi Belanja Produk Impor, Presiden Jokowi: Bodoh Banget Kita Ini

Presiden Joko Widodo --Instagram

JAKARTA, DISWAY.ID--Presiden Jokowi geram hingga menyebut bodoh pada kementrian atau instansi dan Pemerintah daerah yang belanja produk impor atau dari luar negeri.

Menurut Jokowi, APBN maupun APBD hingga anggaran BUMN sebetulnya bisa memicu pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Hal ini dilakukan dengan cara membeli produk-produk dalam negeri.

“Konsisten beli barang yang diproduksi pabrik-pabrik, industri-industri, UKM-UKM kita, kok enggak kita lakukan. Bodoh sekali kita kalau tidak melakukan ini (belanja produk impor),” kata Jokowi saat memberikan pengarahan dalam acara Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia yang digelar di Bali, Jumat, 25 Maret 2022.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut, membeli produk asing melalui cara impor hanya menguntungkan negara-negara lain.

“Duit kita, capital outflow keluar, pekerjaan ada di sana, bukan di sini. Coba kita belokkan semua ke sini, barang yang kita beli barang dalam negeri,” cetus Jokowi.

Jokowi menekankan membeli barang import sama saja menguntungkan negara lain.

Sedangkan produk lokal baik pabrik-pabrik, industri-industri dan UKM-UKM yang bisa kita beli daripada membeli produk import.

Menurut Jokowi, dengan mulai membeli dan menggunakan produk dalam negeri, maka akan menimbulkan dampak positif. Langkah ini akan mendatangkan investasi, hingga membuka lapangan pekerjaan baru.

“Berarti akan ada investasi, berarti membuka lapangan pekerjaan, tadi sudah dihitung, bisa membuka 2 juta lapangan pekerjaan, kalau ini tidak dilakukan, sekali lagi bodoh banget kita ini,” ucap Jokowi menandaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: