Korut Umumkan Kasus Covid-19 Pertama, Kim Jong Un Gelar Pertemuan Darurat!

Korut Umumkan Kasus Covid-19 Pertama, Kim Jong Un Gelar Pertemuan Darurat!

Kim Jong [email protected] Jong-un

JAKARTA, DISWAY.ID - Korea Utara (Korut) secara resmi mengonfirmasi wabah covid-19 pertamanya setelah tiga tahun pandemi pada Kamis 12 Mei 2022.

Media pemerintah melaporkan sub-varian dari virus Omicron yang sangat menular, yang dikenal sebagai BA.2, telah terdeteksi di Pyongyang.

"Ada insiden darurat terbesar di negara ini, dengan lubang di bagian depan karantina darurat kami, yang telah terjaga dengan aman selama dua tahun dan tiga bulan terakhir sejak Februari 2020," kata media pemerintah KCNA, seperti dikutip Channel News Asia.

BACA JUGA:Militer Ukraina Mulai Menyerang Wilayah Rusia, 1 Orang Tewas!

Laporan itu juga mengatakan, bahwa orang-orang di Pyongyang tertular varian Omicron, tanpa memberikan rincian tentang jumlah kasus atau kemungkinan sumber infeksi.

Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un, langsung mengadakan pertemuan darurat politbiro untuk membahas wabah Covid-19 yang baru muncul di Korut ini.

KCNA melaporkan dalam pertemuan darurat itu, Kim Jong-un mengatakan "tujuan utama pemerintah adalah untuk menghilangkan sumber penularan Covid-19 dalam periode waktu sesingkat-singkatnya."

BACA JUGA:Kecelakaan Maut, Mahasiswi Tewas Tertabrak Kereta di Cilegon, Begini Menurut Saksi Mata

"Dia meyakinkan kami bahwa karena kesadaran politik masyarakat yang tinggi, kami pasti akan mengatasi keadaan darurat dan berhasil melaksanakan program karantina darurat," katanya.

Kim menyerukan kontrol perbatasan yang lebih ketat dan tindakan penutupan wilayah (lockdown).

"Kim Jong-un juga memberi tahu seluruh warga untuk sepenuhnya menghentikan penyebaran virus jahat dengan menutup secara menyeluruh wilayah mereka di semua kota dan kabupaten di seluruh negeri", bunyi laporan KCNA.

Semua kegiatan bisnis dan produksi akan diatur sehingga setiap unit kerja "terisolasi" demi mencegah penyebaran penyakit, tambahnya.

BACA JUGA:Indonesia Tersingkir dari Uber Cup 2022 usai Kalah dari Tiongkok 0-3

Dikutip AFP, negara bersenjata nuklir yang tengah terpuruk dengan krisis ekonomi dan pangan ini masih menutup rapat wilayahnya dari dunia luar sejak awal pandemi Covid-19 menyebar sekitar awal 2020. 

Sumber: