Perusahaan Data Center Dapat Suplai Energi Hijau dari PLN

Perusahaan Data Center Dapat Suplai Energi Hijau dari PLN

PLN Suplai Energi Hijau ke Perusahaan Data Center -PLN-

JAKARTA, DISWAY.IDPLN suplai energi hijau atau Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 404 unit atau setara dengan listrik 404 Mega Watt hour (MWh) berupa Renewable Energy Certificate (REC) kepada perusahaan data center PT Ekagrata Data Gemilang (EDGE DC).

Doddy B.Pangaribuan, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, menyampaikan bahwa PLN memberikan apresiasi kepada perusahaan data center yang telah menggunakan energi hijau melalui REC. 

"Artinya kita turut menjalankan sustainable development, pengembangan bisnis berbasis teknologi yang tetap mengedepankan keberlanjutan lingkungan," ujar Doddy. 

Tahun 2022 PLN UID Jakarta Raya telah memasok 9.231 unit REC atau setara 9.231 listrik MWh sebagai komitmen PLN untuk mendukung program pemerintah Net Zero Emission 2060. 

BACA JUGA:Dikira Kena Prank, Tak Tahunya Pria Ini Temukan Buaya Besar di Depan Pintu Masuk Rumahnya

Pelanggan dapat melakukan pembelian REC PLN, baik untuk individu maupun korporasi, melalui website https://layanan.pln.co.id/renewable-energy-certificate. 

REC merupakan produk kerjasama PLN dan Clean Energy Investment Accelerator (CEIA), yang merupakan bukti kepemilikan sertifikat berstandar internasional untuk produksi tenaga listrik yang dihasilkan dari pembangkit energi terbarukan. 

REC dari PLN  ini menggunakan sistem pelacakan elektronik dari APX TIGRs yang berlokasi di California, AS, untuk memastikan bahwa setelah sertifikat diterbitkan, tidak dapat dibeli atau dijual ke pihak lain. 

BACA JUGA:Wings Air Rute Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga Terbang Mulai 1 Juni 2022

Seluruh proses juga telah diverifikasi untuk memenuhi standar internasional. 

Saat ini bisnis data center berkembang pesat di Indonesia, khususnya di Jakarta. Meningkatnya penggunaan aplikasi berbasis online, berkembangnya bisnis berbasis digital, membuat Jakarta menjadi tempat yang prospektif untuk melakukan bisnis data center. 

Keunggulan ketersediaan jaringan fiber optic dan keandalan pasokan listrik menjadikan Jakarta wilayah yang siap mendukung pertumbuhan bisnis data center. 

BACA JUGA:Antusias Warga Sambut Pawai Hari Raya Waisak di Candi Borobudur

Proyeksi tahun 2022 ada penambahan pemasangan listrik baru untuk data center dengan daya total sebesar 300 Mega Volt Ampere (MVA) dan akan terus bertambah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: