Pengertian dan Hikmah Menjalankan Ibadah Haji

Pengertian dan Hikmah Menjalankan Ibadah Haji

Salah satu skema yang disiapkan pemerintah yaitu mewajibkan protokol kesehatan bagi para calon jemaah haji 1443 Hijriah/2022 Masehi. -Pixabay/@Javaistan-Disway.id

Sedangkan disebut waktu yang khusus ialah menjalankan ibadah haji di bulan-bulan haji yakni bulan Syawal, Dzukqo’dah, dan 10 hari pertama pada bulan Dzulhijjah.

Umat Islam menjalankan haji, karena haji merupakan salah satu rukun Islam.

BACA JUGA:Asrama Haji Pondok Gede Dipastikan Siap Layani Calon Jemaah

Rasulullah salallahu alaihi wa salam bersabda di dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al Imam Al Bukhori dan juga Muslim.

بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامُ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءُ الزَّكَاةِ وَحَجُّ الْبَيْتِ وَصَوْمُ رَمَضَانَ.

“Islam dibangun di atas lima perkara: Syahadat bahwasannya tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah dan bahwasannya Muhammad adalah Rasulullah, mendirikan Shalat, membayar Zakat, melakukan Ibadah Haji dan berpuasa di Bulan Ramadhan.” (HR. Bukhori – Muslim)

Selain itu, menjalankan ibadah haji juga merujuk pada hadist yang menyebutkan haji yang mabrur merupakan termasuk sebaik-baik amalan.

Di mana, sebuah Hadits diriwayatkan oleh Al Imam Bukhari dan juga Muslim.

BACA JUGA:Status NTL Penyebab Ustadz Abdul Somad Dideportasi Singapura

“Dari Abu Hurairah, beliau mengatakan:Rosulullah salallahu alaihi wa salam ditanya, amalan apakah yang paling afdol, beliau menjawab Beriman kepada Allah dan Rosul Nya. Kemudian ditanya kembali kemudian apa, beliau menjawab Kemudian berjihad di jalan Allah. Kemudian Beliau ditanya kemudian apa, beliau mengatakan kemudian Haji yang mabrur” (HR. Bukhori – Muslim)

Sementara hikmah-hikmah menjalankan ibadah haji di antaranya:

- Haji merupakan musim untuk mendapatkan pahala yang besar dan ampunan dosa

- Haji adalah perwujudan ukhuwah islamiyah dan usaha saling mengenal satu dengan yang lain kaum muslimin dengan asal, warna kulit, bahasa, suku yang berbeda, datang di satu tempat dengan tujuan yang satu yaitu menyembah Tuhan yang satu.

BACA JUGA:Presiden Pimpin Ratas penyelenggaraan Haji 2022, Menag: Kita Sudah Siapkan Skema A Sampai Z

- Haji merupakan madrasah iman dan beramal soleh karena seorang jamaah haji di dalam musim haji akan terbiasa melakukan amal shaleh, bersabar, mengingat hari akhir ketika manusia dikumpulkan, dan juga mengingat bahwa dunia hanya sementara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: